Minggu, 10 Maret 2013

ANALISIS JURNAL AGENCY ASURANSI


ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ASURANSI MITRA PERMATA PADA PT AJB BUMIPUTERA 1912 CABANG AMBON

Penulis : Wendy Souisa Dosen Politeknik Negeri Ambon

 

Latar belakang Munculnya persaingan dalam dunia perasuransian yang ditandai dengan kehadiran berbagai perusahaan asuransi, baik milik pemerintah maupun swasta nasional dan asing, membuat setiap perusahaan asuransi senantiasa berupaya untuk menawarkan produk

yang terbaik, pelayanan yang memuaskan serta strategi yang tepat agar bisa bertahan menghadapi persaingan. Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 adalah perusahaan yang berbentuk usaha bersama (mutual), yakni perusahaan yang

196 

tumbuh dan berkembang dari, oleh dan kepentingan pemegang polisnya. Bumiputera  senantiasa menyediakan produk  inovatif yang berkualitas prima dan memberikan  pelayanan  maksimal  terhadap  pemegang  polisnya.  Untuk tercapainya kesinambungan  pelayanan  prima  terhadap  para  pemegang  polis,  Bumiputera selalu mengadakan pelatihan, pendidikan, serta peningkatan profesionalisme bagi karyawan  dan  karyawatinya.  Upaya  lainnya  adalah memberikan kompensasi yang  sebanding dengan prestasi sekaligus memperbaiki kesejahteraannya.    Mempertahankan  pelanggan  supaya  tidak  kabur merupakan usaha  yang  penting  bagi  AJB Bumiputera 1912.  Selalu  lebih  mahal  untuk  menarik pelanggan  baru  daripada  mempertahankan  yang  ada.  Kunci  untuk mempertahankan  pelanggan  adalah  kepuasan  pelanggan.  Diperkirakan  untuk menggaet  satu  pelanggan  baru  memerlukan  biaya  lima  sampai  lima  belas  kali dibandingkan  dengan menjaga  hubungan  dengan  pelanggan  yang  lama  (Kotler, 2002:58). Melalui  peningkatan  kelangsungan  hubungan  dengan  pelanggan  lama dan terus- menerus mengakui sisi pelanggan baru akan berpengaruh besar terhadap pangsa pasar.  Untuk  bisa  mempertahankan  pelanggan  perusahaan  harus  memberikan tanggapan  sepenuhnya pada keluhan-keluhan pelanggan. Perusahaan harus hati-hati dalam menghadapi fenomena niche costumer yaitu pelanggan yang  tidak pernah mengeluh apapun dan bagaimanapun 

layanan yang dia peroleh tapi tidak pernah kembali.   Melalui asuransi Mitra Permata AJB Bumiputera 1912 memberikan perlindungan yang disertai dengan manfaat ganda berupa tabungan dan investasi bagi nasabah. Asuransi Mitra Permata ditawarkan untuk menjawab keinginan nasabah yang menginginkan perlindungan dan investasi serta tabungan dalam waktu yang bersamaan sekaligus. Program asuransi Mitra Permata menawarkan fleksibilitas, baik dalam hal keleluasaan membayar premi, memilih besarnya uang pertanggungan asuransi dan mengambil nilai tabungan. Melalui mitra permata, keuntungan- keuntungan yang akan diperoleh nasabah meliputi jaminan pengembalian akumulasi dana tabungan saat masa asuransi berakhir atau tertanggung meninggal dunia, pengembangan investasi atas akumulasi dana tabungan dengan jaminan hasil investasi minimal sebesar 4,5 % per tahun. Fleksibilitas penetapan besaran uang pertanggungan meninggal dunia pada saat mengawali perjanjian asuransi, fleksibilitas penambahan premi maksimal satu tahun sebelum polis habis kontrak.Selama ini strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh AJB Bumiputera 1912 untuk produk berdasarkan manfaat yang diberikan, harga berdasarkan besarnya nilai pertanggungan, promosi sebatas personal selling dan pendistribusiannya secara langsung dengan mengandalkan agen asuransi sekaligus berperan sebagai personal selling.

 

Kesimpulan :

Metodologi Penelitian Penelitian ini dilaksanakan pada PT Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 cabang Ambon. Dalam penulisan ini, hanya terdapat satu variabel yaitu strategi pemasaran produk asuransi Mitra Permata pada PT AJB Bumiputera 1912 Cabang Ambon. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk analisis kuantitatif dalam bentuk perhitungan pangsa pasar produk asuransi Mitra Permata dan analisis kualitatif dalam bentuk desain strategi pemasaran produk Asuransi Mitra Permata.  

Hasil Penelitian dan Pembahasan Perhitungan Pangsa Pasar Pangsa pasar merupakan persentasi penjualan perusahaan terhadap keseluruhan penjualan pada pasar asuransi yang sejenis dengan asuransi Mitra Permata. Dengan demikian dalam perhitungan pangsa pasar, terlebih dahulu diidentifikasi produk pesaing dan jumlah penjualannya. Sebagaimana telah dikemukakan sebelumnya, produk asuransi yang sejenis dengan asuransi Mitra Permata adalah JS Link Equity Fund yang dipasarkan oleh PT Asuransi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar