ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK ASURANSI MITRA PERMATA
PADA PT AJB BUMIPUTERA 1912 CABANG AMBON
Penulis : Wendy Souisa Dosen Politeknik Negeri Ambon
Latar belakang Munculnya persaingan dalam dunia
perasuransian yang ditandai dengan kehadiran berbagai perusahaan asuransi, baik
milik pemerintah maupun swasta nasional dan asing, membuat setiap perusahaan
asuransi senantiasa berupaya untuk menawarkan produk
yang terbaik, pelayanan yang memuaskan serta strategi yang
tepat agar bisa bertahan menghadapi persaingan. Asuransi Jiwa Bersama (AJB)
Bumiputera 1912 adalah perusahaan yang berbentuk usaha bersama (mutual), yakni
perusahaan yang
196
tumbuh dan berkembang dari, oleh dan kepentingan pemegang
polisnya. Bumiputera senantiasa
menyediakan produk inovatif yang
berkualitas prima dan memberikan
pelayanan maksimal terhadap
pemegang polisnya. Untuk tercapainya kesinambungan pelayanan
prima terhadap para
pemegang polis, Bumiputera selalu mengadakan pelatihan,
pendidikan, serta peningkatan profesionalisme bagi karyawan dan
karyawatinya. Upaya lainnya
adalah memberikan kompensasi yang
sebanding dengan prestasi sekaligus memperbaiki kesejahteraannya. Mempertahankan pelanggan
supaya tidak kabur merupakan usaha yang
penting bagi AJB Bumiputera 1912. Selalu
lebih mahal untuk
menarik pelanggan baru daripada
mempertahankan yang ada.
Kunci untuk mempertahankan pelanggan
adalah kepuasan pelanggan.
Diperkirakan untuk menggaet satu
pelanggan baru memerlukan
biaya lima sampai
lima belas kali dibandingkan dengan menjaga hubungan
dengan pelanggan yang
lama (Kotler, 2002:58).
Melalui peningkatan kelangsungan
hubungan dengan pelanggan
lama dan terus- menerus mengakui sisi pelanggan baru akan berpengaruh
besar terhadap pangsa pasar. Untuk bisa
mempertahankan pelanggan perusahaan
harus memberikan tanggapan sepenuhnya pada keluhan-keluhan pelanggan.
Perusahaan harus hati-hati dalam menghadapi fenomena niche costumer yaitu
pelanggan yang tidak pernah mengeluh
apapun dan bagaimanapun
layanan yang dia peroleh tapi tidak pernah kembali. Melalui asuransi Mitra Permata AJB
Bumiputera 1912 memberikan perlindungan yang disertai dengan manfaat ganda
berupa tabungan dan investasi bagi nasabah. Asuransi Mitra Permata ditawarkan
untuk menjawab keinginan nasabah yang menginginkan perlindungan dan investasi
serta tabungan dalam waktu yang bersamaan sekaligus. Program asuransi Mitra
Permata menawarkan fleksibilitas, baik dalam hal keleluasaan membayar premi,
memilih besarnya uang pertanggungan asuransi dan mengambil nilai tabungan.
Melalui mitra permata, keuntungan- keuntungan yang akan diperoleh nasabah
meliputi jaminan pengembalian akumulasi dana tabungan saat masa asuransi
berakhir atau tertanggung meninggal dunia, pengembangan investasi atas
akumulasi dana tabungan dengan jaminan hasil investasi minimal sebesar 4,5 %
per tahun. Fleksibilitas penetapan besaran uang pertanggungan meninggal dunia
pada saat mengawali perjanjian asuransi, fleksibilitas penambahan premi
maksimal satu tahun sebelum polis habis kontrak.Selama ini strategi pemasaran
yang telah diterapkan oleh AJB Bumiputera 1912 untuk produk berdasarkan manfaat
yang diberikan, harga berdasarkan besarnya nilai pertanggungan, promosi sebatas
personal selling dan pendistribusiannya secara langsung dengan mengandalkan
agen asuransi sekaligus berperan sebagai personal selling.
Kesimpulan :
Metodologi Penelitian Penelitian ini dilaksanakan pada PT
Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera 1912 cabang Ambon. Dalam penulisan ini, hanya
terdapat satu variabel yaitu strategi pemasaran produk asuransi Mitra Permata
pada PT AJB Bumiputera 1912 Cabang Ambon. Analisis dalam penelitian ini
dilakukan dalam bentuk analisis kuantitatif dalam bentuk perhitungan pangsa
pasar produk asuransi Mitra Permata dan analisis kualitatif dalam bentuk desain
strategi pemasaran produk Asuransi Mitra Permata.
Hasil Penelitian dan Pembahasan Perhitungan Pangsa Pasar
Pangsa pasar merupakan persentasi penjualan perusahaan terhadap keseluruhan
penjualan pada pasar asuransi yang sejenis dengan asuransi Mitra Permata.
Dengan demikian dalam perhitungan pangsa pasar, terlebih dahulu diidentifikasi
produk pesaing dan jumlah penjualannya. Sebagaimana telah dikemukakan sebelumnya,
produk asuransi yang sejenis dengan asuransi Mitra Permata adalah JS Link
Equity Fund yang dipasarkan oleh PT Asuransi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar