Kamis, 02 Desember 2010

WINDOWS ME DAN XP

Dalam ilmu komputer, sitem operasi atau OS yang berfungsi untuk melakukan kontrol dan memanage hardware serta operasi dasar sistem termasuk mnjalankan software aplikasi.Windows XP.Merupakan sistem operasi keluaran microsoft pada tanggal 25 oktober 2001di Amerika Serikat. Windows XP sendiri merupakan bagian dari Windows N.T, yang merupakan sistem operasi untuk para server.Keunggulan dari sistem operasi iniDukungan Terhadap Sistem Domain Active Directory yaitu dapat mengatur sistem- sistem microsoft windows hanya dari satu tempat saja.Memiliki pengaturan kontrol akses yang canggih dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya, dikarenakan tidak semua orang dapat mengakses data secara bebas terhadap sebuah objek tertentu. Walaupun ini bukan teknologi terbaru karena sebelumnya UNIX telah meluncurkannya terlebih dahulu, tapi Windows XP diklaim lebih baik di bandingkan dengan UNIX.Mendukung Sistem Berkas Terenskripsi ( EFS ). Sistem ini digunakan untuk memproteksi data- data yang penting agar tidak dapat di buka oleh user lain apalagi komputer lain.Mendukung Sistem Manajemen Secara Terpusat.Sistem Operasi LINUX Ubuntu.Sistem operasi yang merupakan keluarga UNIX yang menggunakan kernel Linux. Ubuntu adalah salah satu dari ditribusi Linux. Ubuntu berasal dari kata “Ubuntu” di Afrika Selatan yang artinya “rasa perikemanusiaan terhadap sesama manusia”. Tujuan dari distribusi linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.Sistem operasi ini dapat anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan anda, dan dapat diperoleh secara gratis walaupun sekarang ada versi linux yang telah dikomersilkan seperti linux red hart dan linux suSE.Pada dasarnya sistem operasi linux dan windows mempunyai fitur yang sama, yang membedakannya hanya linux bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan sedangkan windows tidak dapat dimodifikasi sesuai dengan yang kita inginkan.
Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dan desktop bisnis, laptop, dan pusat media
(Media Center). Microsoft Windows XP Professional kependekan dari Microsoft Windows Experience Professional merupakan sistem operasi berbasis grafis (gambar) dengan berbagai fasilitas, dan kemudahan dalam pengoperasiannya.Microsoft Windows XP ini merupakan salah satu produk unggulan dari Microsoft Corporation yang secara resmi dikeluarkan pada tanggal 25 Oktober 2001. Microsoft Windows XP yang selanjutnya yang disingkat dengan Windows XP ini merupakan kelanjutan dari dari Windows versi sebelumnya dengan berbagai fasilitas yang ada didalamnya, baik merupakan fasilitas penyempurnaan maupun fasilitas terbaru yang tidak ada pada versi sebelumnya. Dengan Windows XP ini anda akan dipermudah dalam penggunaannya, lebih menyenangkan, lebih cepat, kompatibel dengan berbagai perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Hal inilah yang menyebabkan semakin banyak pengguna sistem operasi Windows XP ini dalam masyarakat.Banyak perubahan yang terjadi dalam system operasi Microsoft Windows XP ini, mulai dari masalah registrasi,kelengkapan driver, peningkatan performance, design interface baru, Internet Explorer dengan versi terbaru yang mengarahkan orientasi user dalam penggunaannya, sampai sesuatu yang belum pernah diterapkan pada Microsoft Windows generasi-generasi sebelumnya, yaitu Firewall.
Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan di pasar power user, bisnis dan perusahaan klien. Sementara itu, Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik. Ada lagi Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah 1
komputer pribadi yang menggunakan stylus. Windows XP akhirnya dirilis untuk dua arsitektur tambahan selain tentunya Intel i386, yang disebut dengan Windows XP 64-bit Edition untuk prosesor berarsitektur IA-64 (Itanium) dan Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-64. Ada
juga Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang dikurangi segala fiturnya di sana sini untuk pasar tertentu, dan Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang. Pada pertengahan 2009, sebuah pabrik pertama mengungkapkan bahwa mereka memiliki sebuah telepon selular berbasis sistem operasi Windows XP.
Versi Windows berbasis arsitektur NT dikenal dengan stabilitas dan efisiensi yang lebih baik ketimbang versi Windows 9x. Windows XP menyajikan antarmuka grafis yang dirancang ulang secara signifikan, hingga perubahan tersebut dipromosikan oleh Microsoft sebagai tampilan yang lebih user-friendly dari versi Windows sebelumnya. Sebuah fasilitas manajemen software baru yang disebut Side-by-Side Assembly diperkenalkan untuk memperbaiki masalah "DLL Hell" yang sering muncul pada Windows 9x. Windows XP juga merupakan versi pertama Windows untuk menggunakan aktivasi produk "Windows Product Activation" untuk memberantas pembajakan peranti lunak, meski hal ini menjadi kontroversi. Windows XP juga telah dikritik oleh beberapa pengguna untuk kelemahan keamanan komputer, integrasi beberapa aplikasi seperti Internet Explorer 6 dan Windows Media Player yang sangat ketat, dan untuk aspek-aspek dari standar antarmuka pengguna. Versi dengan Service Pack 2, Service Pack 3, dan Internet Explorer 8 dialamatkan beberapa kekhawatiran ini.
1.1 Latar Belakang / Sejarah Windows Xp
Windows XP sebelumnya dikenal dengan kode sandi "Whistler", yang mulai dikembangkan oleh para pengembang Microsoft pada pertengahan tahun 2000-an. Bersamaan dengan proyek ini, Microsoft juga tengah menggarap proyek Windows generasi baru penerus Windows Me (Millennium Edition) yang dinamakan dengan kode sandi "Windows Neptune" yang diproyeksikan sebagai "Windows NT versi rumahan".Setelah Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan dua buah sistem operasi Windows tersebut (sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x) ke dalam sebuah produk.Itulah yang kita kenal sekarang dengan Windows XP.
Edisi Windows XP muncul dalam banyak jenis:
♪ Windows XP Professional
Windows XP Professional adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada Windows XP Home Edition. Ia bisa menjadi sebuah komputer server, meskipun hanya bisa menampung maksimal sepuluh client yang bisa login secara bersamaan.
♪ Windows XP Home Edition
Windows XP Home Edition adalah sistem operasi Windows XP yang ditujukan untuk pengguna rumahan. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan antara Windows XP Home Edition dengan Windows XP Professional, karena basis pembuatannya yang sama. Perbedaan yang diberlakukan terhadap versi Windows ini adalah dukungan jaringan, di mana Windows XP Home
2
Edition tidak didesain untuk sistem dengan banyak pengguna, seperti halnya Windows XP Professional. Fitur jaringan yang tidak ada pun sangat banyak, diantaranya tidak dapat bergabung dengan sistem domain Active Directory, tidak memiliki sistem berkas terenkripsi, tidak dapat menjadi sebuah server (meski mampu membuat beberapa berkas dan folder yang dikelolanya dapat digunakan oleh beberapa pengguna sekaligus), dan tidak memiliki fitur Internet Connection Sharing (ICS), dan masih banyak yang lainnya. Windows XP Home Edition ditujukan untuk menggantikan versi Windows sebelumnya, yaitu Windows 98 dan Windows ME, karena kedua versi Windows tersebut tergolong ke dalam kelas Windows untuk pengguna rumahan.
♪ Windows XP Media Center Edition
Windows XP Media Center Edition adalah versi Windows XP yang dibuat khusus untuk perangkat semacam Hi-Fi, dan PC yang diletakkan di ruang duduk. Pada dasarnya, Windows XP Media Center merupakan Windows XP Home Edition yang ditambahi dukungan sebagai perekam video pribadi (Personal Video Recorder).
♪ Windows XP Tablet PC Edition
Windows XP Tablet PC Edition adalah versi Windows XP yang dikhususkan untuk PC yang ultra-portabel, yang dinamakan oleh Microsoft dengan Tablet PC. Bentuknya yang minimalis seperti halnya Asisten Digital Pribadi (Personal Digital Assistant atau PDA), dengan kemampuan setara notebook atau laptop. Windows XP Tablet PC Edition dibangun berbasis Windows XP Professional, yang ditambahi dengan fitur pengenalan tulisan tangan (handwriting recognizition) yang lebih baik dibandingkan dengan Windows XP Professional biasa. Pada umumnya, sebuah Tablet PC dilengkapi dengan layar sentuh.
♪ Windows XP Starter Edition
Windows XP Starter Edition merupakan versi Windows XP Home Edition yang diterjemahkan ke dalam bahasa lokal masing-masing dengan menggunakan Language Interface Pack (LIP). Bahasa yang digunakannya pun beragam, mulai dari Bahasa Indonesia, Melayu, Thailand, Turki, Rusia, India, Brazil, hingga bahasa Amerika Latin (Argentina, Chili, Meksiko, Ekuador, Uruguay, dan Venezuela). Menurut berbagai sumber, Microsoft membuat Windows XP Starter Edition dengan tujuan untuk memerangi sistem operasi GNU/Linux, karena sistem operasi tersebut populer di negara-negara dunia ketiga tersebut

♪ Windows XP Professional x64 Edition
Windows XP Professional x64 Edition merupakan versi Windows XP yang dikhususkan untuk prosesor dengan arsitektur x86-64. Saat ini, prosesor yang menggunakan arsitektur tersebut terbatas pada prosesor AMD dengan arsitektur AMD64 seperti Athlon 64 dan Opteron. Dari keluarga Intel ada Intel Pentium 4 dengan ekstensi EM64T (Extended Memory 64-bit Technology), dan beberapa seri dari Intel Pentium M dan D, serta beberapa varian dari keluarga Intel Core. Perbedaan dengan Windows XP Professional yang diluncurkan sebelumnya adalah pada dukungannnya terhadap akses memori lebih besar daripada 4 Gigabytes seperti pada Windows XP sebelumnya. Sebenarnya, prosesor 64-bit dari Intel maupun AMD dapat mengakses 16 Eksabyte memori, tetapi Microsoft membatasi kemampuan sistem operasi Windows ini hingga
3
16 Terabyte saja. Pada dasarnya, sistem operasi ini berbeda dari versi Windows XP yang lainnya, mengingat basis kode yang digunakan adalah Windows Server 2003, Standard Edition for x64, mengingat nomor versi yang digunakannya adalah 5.2.3790.
♪ Windows XP Professional 64-Bit Edition for Itanium
Windows XP Professional 64-bit Edition for Itanium merupakan versi yang sangat terbatas sekali dilihat dari segi penjualannya. Akan tetapi, produk ini mendukung teknologi mikroprosesor yang sangat bagus, yaitu IA-64 yang digunakan oleh prosesor Intel Itanium dan Intel Itanium 2. Dukungan yang diberikan oleh Microsoft adalah dukungan terhadap semua fitur dari prosesor Itanium tersebut, akan tetapi karena sedikit sekali aplikasi yang didesain untuk prosesor Itanium, penyebaran produk ini sangat sedikit.
Perbedaan fitur dari Windows XP Professional x64 Edition adalah dukungannya terhadap prosesor Itanium, dengan segala arsitektur bawaannya, seperti EFI (Extensible Firmware Interface), dan GPT (GUID Partition Table). Meskipun prosesor Itanium merupakan prosesor dengan kinerja paling efisien, Itanium tidak dapat menjalankan program yang didesain untuk Windows XP versi 32-bit maupun Windows XP x64 Edition. Ketika menjalankan program yang tidak didesain untuknya, kinerjanya pun sangat rendah.
Aplikasi yang didukung pun sangat sedikit, dan terbatas pada aplikasi yang berguna bagi komputasi tingkat tinggi, seperti aplikasi basis data, dan aplikasi ilmiah. Jika Windows versi x64 dan 32-bit mendukung akselerasi multimedia, Windows ini tidak dibekali dengan fungsi tersebut, karena memang prosesornya tidak dibekali dengan instruksi khusus untuk akselerasi multimedia.
Windows XP Professional 64-bit Edition telah dihentikan proses produksinya setelah Hewlett-Packard (satu-satunya produsen yang menawarkan workstation dengan prosesor Itanium) menghentikan penjualan workstation miliknya. Beberapa kalangan menilai, hal ini disebabkan karena Hewlett-Packard tidak begitu sukses dengan produk ini. Meski telah dihentikan proses produksinya, Microsoft tetap mendukung Windows XP 64-bit Edition ini hingga keseluruhan Windows XP dihentikan dukungannya oleh Microsoft.
1.2 Windows XP Professional
adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke dalam sebuah jaringan dengan domain yang dikelola oleh Active Directory milik Windows 2000 Server atau Windows Server 2003. Selain itu, versi ini pun dibilang jauh lebih lengkap fiturnya dari pada Windows XP Home Edition. Ia bisa menjadi sebuah komputer server , meskipun hanya bisa menampung




4


BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Registrasi
Dalam hal masalah registrasi, Microsoft Windows XP telah mengimplementasikan Windows Product Activation (WPA) dalam sistemnya. Artinya, dalam hal ini Microsoft menginginkan semua informasi tentang penggunanya. Karena dalam hal ini Microsoft memaksa penggunanya untuk melakukan registrasi dan pengguna diberi waktu selama 14 hari untuk melakukan aktivasi. Jika aktivasi ini tidak dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah digariskan maka Microsoft Windows XP akan macet dan tidak dapat digunakan lagi. Yang paling menonjol dalam hal aktivasi ini adalah bahwa pihak Microsoft menyediakan kombinasi dari 35 angka yang terus berubah. Dalam hal ini pengguna harus memasukkan nya ke dalam Activation Mask yang telah disediakan pihak Microsoft. Jika proses ini dapat dilewati maka Microsoft Windows XP akan dapat digunakan kembali.
2.2 Kelengkapan Driver
Windows XP dibentuk dengan kompabilitas tinggi terhadap software-software yang ada sekarang. Bahkan Windows XP telah dipersiapkan untuk mendukung program-program berarsitektur Windows generasi sebelumnya seperti Windows 9x/Me/NT/2000. hal ini akan memberikan kemudahan dalam menggunakan software-software lama berarsitektur Windows 9x/Me/NT/2000. Namun demikian banyak juga program yang tidak bekerja dengan baik bahkan tidak mau berjalan karena adanya emulasi yang dipersiapkan oleh Windows XP ini, khususnya untuk software-software yang memiliki driver khusus untuk menjalankannya. Dari sisi hardware, tidak semua hardware kompatibel dengan sistem Windows XP. Hanya dari sisi multimedia dan kamera digital terdapat perkembangan yang mengembirakan.
2.3 Perfomance yang Handal
Telah terjadi banyak perubahan dari sisi performance pada Windows XP ini. Penambahan kecepatan pada event-event tertentu, seperti saat booting, yang bahkan kecepatannya bias melampaui kecepatan booting Windows 2000.
Feature terbaru yang tak kalah menariknya adalah bahwa kita dapat melakukan pergantian user (pada Windows generasi sebelumnya, harus menggunakan logoff), tanpa harus menutup aplikasi yang sedang aktif (hal ini tidak berlaku pada logoff), yaitu dengan menggunakan switch user. Dari sisi tampilan, terdapat desktop gaya baru dari Windows XP yang disebut dengan Luna. Gaya desktop ini berbeda total jika dibandingkan dengan desktop yang dimiliki oleh generasi Windows 9x/Me bahkan Windows 2000. Perhatikan Gambar 1.1 berikut ini.

5
gambar : Tampilan Desktop LunaDesktop Luna tampak lebih atraktif dibandingkan dengan design desktop yang terdapat pada generasi Windows 9x/Me. Bahkan sistem Windows XP memberikan tooltips (gambar 1.2) yang dapat membantu dalam penggunaan Windows XP itu sendiri

gambar : Tampilan Start MenuYang mengalami perubahan secara drastis adalah Start menu. Dari segi ukuran, Start menu pada Windows XP terlihat lebih besar. Dengan susunan icon yang dibagi menjadi 2 (dua) bagian: bagian kiri adalah icon-icon yang dijadikan shortlink bagi aplikasi user yang terakhir dijalankan.Dari sisi fleksibelitas, Windows XP juga menyediakan menu classic seperti pada generasi Windows sebelumnya, yang diperuntukkan bagi user yang tidak menyukai Luna.

gambar : Tampilan Start Menu Classic
2.4 Firewall
Dari sisi keamanan, baru pertama kali Microsoft Windows memiliki fasilitas firewall, yang dapat digunakan sebagai sistem keamanan data, yang dapat menyaring penggunaan ping, bahkan dapat membuat komputer yang digunakan tak tampak bagi port scanner yang biasa digunakan.
2.5 SPESIFIKASI MINIMUM
Berikut adalah spesifikasi minimum yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menggunakan Windows XP: - Minimal Processor : Pentium II 300 MHz
- RAM : 128 MB
6
- Hard Disk : 2 GB
Namun demikian dianjurkan untuk menggunakan komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi.
2.5.1 Fitur – Fitur yang Dimiliki oleh Windows XP
♪ Interface dan tampilan yang dimiliki Windows XP asngat baik jika dibandingkan dengan generasi Microsoft Windows sebelumnya.
♪ Adanya penambahan pada system, yaitu Remote Assitance.
♪ Adanya dukungan Windows Media Player 8.0 dan Windows Movie Maker.
♪ Telah menggunakan Internet Explorer 6.
♪ Untuk pertama kali dalam sistemnya, Windows menggunakan Firewall untuk meng-handle keamanan data dalam berinternet.
♪ Adanya dukungan FUS (Fast User Switching).
♪ Mendukung Multiprocessor.
♪ Memiliki dukungan untuk menggunakan file dan folder offline.
♪ Memiliki dukungan untuk menggunakan grup dan profile bagi pengguna roaming.
♪ Adanya enkripsi file.
Peningkatan waktu boot termasuk pengecekan memori, searching hardware baru dan pengetesan POST BIOS.
2.5.2 Keunggulan dan Kekurangan Windows XP
Keunggulan Windows XP :
♪ Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
♪ Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
♪ Dengan menggunakan Remote Assistence kita dapat memonitor kerusakan komputer yang terjadi pada komputer lain dari jarak jauh melalui internet.
♪ Memiliki sistem keamanan yang dapat digunakan untuk melindungi folder-folder khusus agar dapat digunakan oleh pemiliknya sendiri.
♪ Windows XP dapat digunakan untuk berbagi aplikasi secara real time ke seluruh dunia.
Kekurangan Windows Xp :
♪ Pihak Microsoft sangat membatasi kenyamanan pemakaian terhadap sistem operasi Windows XP ini dimana setiap pengguna harus melakukan aktivasi pihak Microsoft pada periode-periode tertentu.
♪ Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-generasi Windows sebelumnya.

2.6 Sistem Operasi
Dalam Ilmu computer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris : operating system atau OS adalah perangkat lunak system yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori
7
komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.
2.7 XP
Windows XP atau Windows 5.1 build 2600 adalah sebuah versi sistem operasi Windows yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada tanggal 25 Oktober 2001 di Amerika Serikat.Sebelumnya, Microsoft telah meluncurkan Windows versi 5.0 atau yang dikenal dengan Windows 2000, baik itu edisi server maupun edisi profesional (untuk desktop kantoran). Namun pada kenyataannya sebagian besar pengguna menggunakan Windows XP Professional.Nama XP sendiri, menurut Microsoft merupakan singkatan dari kata Experience, yang artinya Windows XP membawa pengalaman baru dalam dunia komputasi, atau setidaknya begitulah yang diharapkan oleh Microsoft.
Perubahan user interface dan tatacara penggunaan memang sangat revolusioner, seperti yang terjadi dari DOS ke Windows 3.0, dan dari Windows 3.1 ke Windows 95. perubahan revolusioner lagi akan terjadi pada peluncuran Microsoft Windows Vista.Windows XP sendiri berbasis pada Windows NT dan termasuk pada keluarga NT. Yang termasuk dalam keluarga NT adalah Windows 2000 Server dan Windows Server 2003, Windows 2000 & 2003. Keluarga NT, terutama yang server, memiliki kemampuan yang baik untuk menjadi sebuah server.
maksimal sepuluh client yang bisa login secara bersamaan.

























8
BAB 3
MATERI
3.1 Windows XP: Menyatukan Kedua Jajaran Produk


Logo Microsoft Windows yang didesain ulang oleh Microsoft saat merilis Windows XP, yang digunakan hingga 4 Desember 2006


9
Tampilan Windows XP menampilkan folder Sample Pictures, Sample Music, dan Control Panel, dengan tema Luna dan desktop Bliss.
Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode "Whistler" selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua.
Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.
Windows XP tersedia dalam beberapa versi:
• Windows XP Home Edition, yang ditujukan untuk pasar desktop dan laptop rumahan.
• Windows XP Home Edition N, sama seperti Home Edition yang biasa, tapi tidak memiliki Windows Media Player, karena memang peraturan Uni Eropa tidak memperbolehkannya.
• Windows XP Professional, yang ditujukan bagi para power user dan pebisnis.
• Windows XP Professional N, sama seperti Professional Edition, tapi tidak memiliki Windows Media Player, karena peraturan Uni Eropa tidak mengizinkannya.
• Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis pada bulan November 2002, merupakan Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk dektop dan laptop dengan penekanan pada hiburan rumahan.
o Windows XP Media Center Edition 2003
o Windows XP Media Center Edition 2004
o Windows XP Media Center Edition 2005, yang dirilis pada 12 Oktober 2004.
• Windows XP Tablet PC Edition, yang ditujukan untuk PC Tablet (PC dengan layar sentuh)
o Windows XP Tablet PC Edition 2005
• Windows XP Embedded, yang ditujukan untuk sistem benam
• Windows XP Starter Edition, yang ditujukan untuk para pengguna komputer di beberapa negara berkembang.
• Windows XP Professional x64 Edition, yang dirilis pada 25 April 2005 untuk sistem-sistem rumahan dan workstation yang menggunakan prosesor 64-bit yang berbasiskan set instruksi x86-64 (AMD64 atau Intel EM64T).
• Windows XP 64-bit Edition, merupakan sebuah versi Windows XP yang ditujukan untuk jajaran prosesor Intel Itanium, yang mempertahankan kompatibilitas dengan aplikasi 32-bit dengan menggunakan emulator perangkat lunak. Versi ini sama saja dengan Windows XP Professional, dari segi fitur-fiturnya. Produk ini dihentikan pada bulan September 2005 saat vendor terakhir workstation berbasis prosesor Itanium menghentikan produk-produknya sebagai "workstation", karena memang mereka cenderung memfokuskan Itanium sebagai basis komputer server.
o Windows XP 64-bit Edition 2003, dibuat berbasiskan basis kode Windows NT 5.2 (sama seperti Windows Server 2003).
10
.
3.4 Mengatur Deskop Windows Dengan Kelompok Program Virtual
Selama bertahun-tahun mendukung pengguna Windows, saya telah memperhatikan bahwa walaupun menu Start menyediakan tempat yang sangat baik untuk menyimpan cara pintas aplikasi, banyak orang lebih memilih untuk menyimpan cara pintas aplikasi sebagai ikon pada desktop-hal ini benar
bahkan di Windows XP, dengan nya menu baru dan ditingkatkan Mulai. Tentu saja, memiliki ikon
muncul di desktop bisa membuat meluncurkan aplikasi sekejap. Namun, saya sudah sering dijumpai desktop yang begitu penuh dengan ikon bahwa itu cukup sulit bagi pengguna untuk menemukan ikon yang mereka cari. Dan yang pasti mengurangi produktivitas.
Dalam situasi ini, naluri pertama saya adalah untuk bermain sampai kebaikan menu Start dan mendorong orang untuk menggunakannya sebagai platform aplikasi-meluncurkan utama daripada desktop. Namun, saya telah menemukan bahwa sekali orang menjadi kecanduan menggunakan ikon pada desktop, sulit untuk menghentikan kebiasaan itu.
Ide menempatkan ikon di desktop bukan yang baru. Bahkan, kembali pada hari-hari Windows 3.x, platform aplikasi-peluncuran utama, Program Manager, pada dasarnya adalah sekumpulan ikon pada desktop. Sementara Program Manager telah kekurangannya, hal itu memberikan struktur organisasi yang sangat bagus, Kelompok Program yang disebut, untuk ikon pengorganisasian, seperti yang ditunjukkan pada Gambar A.

3.4.1 Membuat Template
Setelah Anda telah mengatur ikon pada desktop Anda, Anda harus membuat sebuah template untuk program virtual wallpaper kelompok. Anda akan mulai dengan mengambil screen shot dari desktop Anda dan paste gambar ke dalam program grafis Anda. Anda kemudian akan menggunakan gambar ini sebagai dasar untuk membuat template. Meskipun Anda dapat menggunakan program grafis yang Anda inginkan, program asli Windows 'Paint akan baik-baik saja.
Untuk mengambil screen shot dari desktop Anda, tutup semua aplikasi yang terbuka dan tekan tombol
[Print Screen] untuk meletakkan gambar dari desktop Anda pada clipboard. Selanjutnya, peluncuran
13
Paint, memaksimalkan jendela, kemudian tekan [Ctrl] V untuk menyisipkan gambar dari desktop Anda
ditempat kerja Paint. Sebelum Anda mulai mengedit gambar, saya sarankan Anda menyimpan file gambar dua kali-kali sebagai cadangan dan sekali sebagai template bekerja. Anda kemudian akan mengedit
template kerja dan menjaga cadangan jika Anda mengacaukan dan ingin memulai dari awal.
Sekarang, pilih warna yang sesuai, memilih Rectangle atau lengkung alat Persegi Panjang, dan kemudian frame kelompok pertama ikon. Kemudian, gunakan Text tool untuk menambahkan judul ke puncak kelompok, seperti yang ditunjukkan pada Gambar C. Anda akan kemudian ulangi langkah ini untuk setiap grup ikon Anda.
Gambar C


Anda dapat menggunakan baik atau Rounded Rectangle tool Rectangle untuk membingkai kelompok program virtual Anda.
Setelah Anda telah membuat grup program virtual Anda, Anda perlu menghapus ikon cara pintas dan Taskbar dari gambar. Untuk melakukannya, pilih dan gunakan alat Pilih Warna untuk menambahkan warna latar belakang gambar Anda ke kotak warna Paint. Selanjutnya, pilih tool Eraser dan hati-hati menghapus ikon dan Taskbar dari gambar. Setelah selesai, gambar Anda akan hanya berisi frame virtual grup program, seperti yang ditunjukkan pada Gambar D. Pada titik ini, menyimpan file gambar.
Gambar D

Setelah Anda menghapus ikon dan Taskbar, Anda akan berakhir dengan sebuah gambar yang berisi grup program hanya frame virtual Anda.
14
mengaktifkan kelompok program virtual
Sekarang bahwa Anda telah membuat template anda, memungkinkan program teknik kelompok virtual
snap. Untuk melakukannya dari dalam Paint, pull down menu File dan pilih Set As Wallpaper (Centered)
perintah. Kemudian, tutup Paint. Bila Anda melakukannya, desktop Anda akan terlihat seperti yang
ditunjukkan pada Gambar E.

Setelah Anda mengatur foto sebagai wallpaper, kelompok program virtual Anda diaktifkan.
Menyimpan posisi ikon desktop '
Seperti yang Anda ketahui, ikon pada desktop Anda yang tidak stabil. Dengan kata lain, Anda dapat memindahkan ikon di manapun Anda inginkan di desktop. Ini juga berarti bahwa Windows dapat memindahkan ikon. Misalnya, jika Anda klik kanan desktop dan pilih salah satu perintah pada Atur Ikon (Dengan) submenu, Windows akan memindahkan ikon dari kelompok-kelompok virtual mereka program:
• • Dengan Nama
• • Menurut Jenis
• • Dengan Ukuran
• • Dengan Tanggal
• • Auto Arrange
Ketika ini terjadi, Anda harus secara manual memindahkan ikon kembali ke kelompok program virtual mereka.
Anda dapat menghindari ini prosedur manual dengan bantuan sebuah utilitas shareware kecil bernama IconSaver dari Core Project. IconSaver adalah shareware dan biaya $ 5 untuk mendaftar.
Seperti namanya, IconSaver akan mengingat posisi semua ikon di desktop Anda dan memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengembalikan mereka ke posisi semula mereka jika mereka pindah. Setelah Anda menginstal IconSaver, Anda akan melihat ikon di baki sistem.
Yang perlu Anda lakukan adalah klik kanan ikon IconSaver dan pilih perintah Simpan Ikon. Kemudian, jika ikon yang sengaja dipindahkan, yang baru saja Anda klik kanan ikon IconSaver dan pilih perintah Restore Icons. Bila Anda melakukannya, semua ikon akan dikembalikan ke posisi sebelumnya.
Sentuhan opsional
Ada satu hal lagi yang dapat Anda lakukan untuk membuat kelompok program virtual Anda terlihat lebih seperti Program Manager, dan itu adalah untuk menghapus panah dari ikon cara pintas. Untungnya, Anda
dapat melakukannya dengan Windows XP PowerToy TweakUI, yang dapat Anda download dari
15
Microsoft PowerToys untuk Windows XP halaman Web di situs Microsoft.
Setelah Anda men-download dan menginstal TweakUI, memulai dan mengakses Explorer | halaman Shortcut. Di sini, Anda dapat mengkonfigurasi Tampilan Shortcut pengaturan untuk menyesuaikan cara
panah muncul pada ikon cara pintas, seperti yang ditunjukkan pada Gambar F. Seperti yang Anda lihat,
Anda dapat memilih panah biasa, panah hampir tak terlihat, panah tidak, atau kebiasaan overlay.

Halaman Shortcut pada TweakUI memungkinkan Anda untuk menyesuaikan Tampilan Shortcut dalam rangka untuk menghapus panah dari ikon.
Untuk menghapus panah sepenuhnya, pilih opsi Tidak Ada. Kemudian, klik OK. Bila Anda melakukannya, panah akan dihapus dari semua shortcut ikon pada desktop. Anda juga mungkin memperhatikan bahwa prosedur ini menata kembali tata letak icon Anda. Jika itu terjadi, Anda cukup meng-klik kanan ikon IconSaver dan pilih perintah Ikon Restore untuk mengembalikan ikon untuk posisi mereka sebelumnya.
Seperti yang Anda lihat pada Gambar G, kelompok-kelompok program virtual yang jauh lebih bersih mencari dengan panah dihapus dari ikon cara pintas.

Without the arrows, the virtual program groups are much cleaner looking.

16

3.6 Changing The Directory
Pengertian dari Changing the Directory of Windows XP + Windows ME dan langkah – langkah yang
harus dilakukan untuk Changing the Directory
Changing the Directory of Windows XP and Me adalah merubah atau meletakkan suatu directory ke partisi lain.
Secara default, Windows XP meletakkan semua program dan software yang diinstal ke dalam direktori C:\Program Files. Ada cara yang mudah jika Anda ingin meletakkan direktori Program Files ke Partisi lain atau pun direktori lain. Cara mengubah path direktori Program Files tersebut dapat dilakukan dengan beberapa langkah :
-example-


1. Jalankan Regedit dari : Start Menu > Run.. (Bisa disingkat dengan Tombol Windows+R) > Ketik regedit dan tekan ENTER

2. Buka Jalur pada kolom sebelah Kiri : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion


17


3. Cari Key yang bernama ProgramFilesDir, lakukan Modify (Klik 2x atau klik kanan pilih Modify)


4. Silakan ubah nilainya menjadi Direktori yang diinginkan, misal : D:\Programs
18
3.7 Formating Disk
My Computer
1. Buka My Computer atau Windows Explorer
2. Buka drive Anda ingin membuat folder, misalnya: C: drive.
3. Jika Anda tidak ingin membuat folder di direktori root, browse ke lokasi Anda ingin membuat folder, kemudian klik File, lalu Folder, atau klik kanan pada bagian kosong dari folder, klik New dan klik Folder.
Cara-cara untuk format Hard Disk dan install Windows XP ke dalamnya, langkah demi langkah. (Nota: artikel ini disertakan dengan gambar , jadi sedikit memperjelas). kita mulai darisini
Tetapkan Boot Sequence Kepada CD-ROM
Bagi memastikan komputer anda akan membaca CD Windows XP yang akan dimasukkan, boot sequence haruslah ditetapkan kepada CD-ROM terlebih dahulu. Dalam kebanyakan komputer, setting ini telah sedia ditetapkan, jadi anda tidak perlu bimbang lagi. Anda boleh terus ke bahagian Format Hard Disk sekiranya tiada masalah di sini.
Namun sekiranya komputer anda tidak membaca dari CD-ROM, ikuti langkah-langkah ini untuk menetapkan boot sequence:
(Nota: Setiap komputer mempunyai paparan BIOS yang tersendiri. Jadi, apa yang anda lihat ini mungkin berbeda dari komputer anda. Namun, konsep dan asasnya tetap sama)
1. Hidupkan komputer anda.
2. Tekan butang F2 (di sesetengah komputer, anda harus tekan butang DELETE) untuk melancarkan BIOS.
3. Dalam Phoenix BIOS, pilih Advanced BIOS Features.

19

• Pilih Boot Sequence.


• Dalam urutan Boot Sequence, tentukan yang CD-ROM
berada di bahagian atas sekali.


• Tekan F10 untuk simpan setting anda dan
restart komputer.Format Hard Disk
1. Pertama sekali, anda akan nampak satu layar dengan pesan “Press any key
to boot from CD…”. Tekan apa-apa
butang di sini supaya komputer akan mula membaca dari
CD Windows XP.

2. Perhatikan pesan yang mula-mula keluar, “Press F6 if you need to
install a third party
SCSI or or
RAID
driver”. pesan ini penting sekiranya anda install
Windows XP ke atas Hard Disk SATA. Jika ya, tekan F6 dan masukkan disket
SATA yang disertakan bersama motherboard
anda. Jika tidak, abaikan pesan ini dan teruskan ke langkah 3. (Nota:
Sekiranya anda nak install Windows XP
kepada Hard Disk SATA tapi tiada disket,
ikuti langkah ini
20


3. “Welcome to Setup” dipaparkan. Tekan ENTER untuk mula
install


4. “Windows XP Licensing Agreement”. Tekan F8 untuk teruskan..


5. Sekiranya Hard Disk anda mempunyai Windows XP, Setup akan bertanya
sekiranya anda mau memperbaiki Windows XP yang lama. Tekan butang ESC kerana




19
anda mau install Windows XP yang baru.

6. Sekiranya Hard Disk anda:
a. masih baru dan belum mempunyai sebarang partition, ikuti langkah 7
hingga 8.
b. tapi jika ia sudah ada partition di dalamnya, teruskan pada langkah
9.
7. Buat satu partition dengan menekan butang C.

8. Tentukan size partition anda dan tekan ENTER.

9. Pilih partition C: untuk install
Windows XP. Ingatan: Kalau anda ada fail dan dokumen penting dalam partition
C:, buat backup dengan memindahkan data tersebut ke dalam partition D:ataupun ke dalam external hard drive



20


10. Tekan butang C untuk setuju.


11. Pilih NTFS sebagai file system dan tekan ENTER.



21
12. Tekan butang F untuk format Hard Disk.


13. Setup akan mula format Hard Disk dan menyediakan fail bagi proses
install Windows XP. Setelah proses ini
selesai, komputer anda akan restart dengan sendirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar