Kamis, 02 Desember 2010

WINDOWS VISTA DAN SEVEN

2.1 SEJARAH WINDOWS 7
Windows 7 saat ini sudah memasuki tahap Beta, yang berarti sudah dapat dipastikan sistem operasi terbaru ini tak lama lagi akan hadir. Windows 7 didesain berdasarkan tren yang berkembang dan didesain agar tetap responsif dalam PC dengan spesifikasi minimal, efisien dalam penggunaan energi, dan tetap aman untuk digunakan.
Pembahasan tentang Windows 7 tentu merupakan sesuatu yang sangat menarik dan sampai saat ini, developer Microsoft di Redmond masih menambahkan fitur-fitur yang merupakan masukkan dari pengguna Windows edisi sebelumnya, agar dapat dicapai kepuasan pengguna yang maksimal.
Pada tanggal 28 Oktober 2008, Microsoft mendemokan untuk pertama kalinya ke publik Windows 7 versi PreBeta (build 6801) dalam acara Professional Developer Conference 2008 di Los Angeles, California.
PDC adalah acara multitahunan yang digelar oleh Microsoft semenjak 1991 khusus untuk pengembang dan arsitek perangkat lunak. Konferensi ini diselenggarakan untuk membantu para pengembang perangkat lunak memahami lebih dalam mengenai teknologi masa depan Microsoft.
Pada tahun 1975 Bill Gates dan Paul Allen merancang Altair Basic yang kemudian menjadi fondasi bagi sistem operasi pertama Microsoft. Visual Studio dan .NET Framework adalah fondasi bagi pengembangan aplikasi Windows saat ini, termasuk Windows Vista dan Windows 7 mendatang. Pada PDC 2008 juga diumumkan rencana kehadiran Visual Studio 2010 dan .NET Framework 4.0 sebagai fondasi bagi pengembangan aplikasi Windows masa depan.
Pada kesempatan tersebut diumumkan juga bahwa Windows 7 akan menjadi nama resmi. Pada awalnya Windows 7 adalah nama kode (code name). Sedangkan seperti yang kita ketahui bersama bahwa nama kode dari Windows Vista adalah Longhorn. Hal ini memang agak jarang terjadi dimana nama kode (nama pada saat proses pengembangan), sama dengan nama final. Selama beberapa tahun terakhir generasi Windows memiliki nama yang berbeda, Windows 95, Windows 98, Windows XP, dan Windows Vista. Secara sederhana karena ini adalah generasi Windows ketujuh maka "Windows 7" jadi alasan yang masuk akal.
Kemunculan Windows 7 versi PreBeta ini memberikan rasa penasaran yang sangat besar dikalangan publik. Ekspektasi pengguna terhadap sistem operasi penerus dari Windows Vista ini terus bermunculan. Harapan yang paling dasar yang ada dibenak setiap individu tentu adalah sistem operasi yang responsif, aman, handal, dan mampu menjadi fondasi yang baik bagi aplikasi maupun perangkat digital.
Akhirnya pada tanggal 7 Januari 2009, Chief Executive Office Microsoft, Steve Ballmer mengumumkan secara resmi kehadiran versi Beta dari Windows 7 (build 7000) dalam acara CES (Consumer Electronic Show) di Las Vegas.
Mike Ybarra, General Manager Windows mengumumkan rencana kehadiran SKU (Stock Keeping Unit) dari Windows 7 kedalam dua edisi utama yaitu Windows 7 Home Premium dan Windows 7 Professional untuk bisnis. Windows 7 Ultimate direncanakan akan tetap ada untuk memberikan opsi bagi pengguna yang membutuhkan paket sistem operasi yang lengkap.
Pada saat yang bersamaan, Brad Brooks, Corporate Vice President Microsoft untuk Windows Consumer Product Marketing mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 difokuskan untuk penggunaan diperangkat mobile seperti mini notebook. Windows 7 dikembangkan agar tetap responsif dalam prosesor dan memori komputer dengan spesifikasi minimal, efisien dalam penggunaan energi, aman digunakan dalam berbagai macam jaringan internet, dan mampu memanfaatkan teknologi-teknologi terbaru perangkat keras secara maksimal.
Hal ini mengingat permintaan pasar yang cukup tinggi untuk mini notebook atau yang biasa kita sebut dengan netbook. IDC merilis sebuah data bahwa penjualan netbook ditahun 2008 mencapai 11.4 juta dan diprediksikan akan naik hingga 42.2 juta pada tahun 2012.

2.2 SEJARAH WINDOWS VISTA
Windows Vista adalah versi terbaru Microsoft Windows, sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center. Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada)
Setelah meraih kesukesan besar dengan Windows XP, Microsoft tidak lantas berhenti begitu saja mengembangkan Windows. Versi terbaru dari Windows, disebut dengan Windows Vista, dirilis pada tanggal 30 November 2006 bagi kalangan bisnis sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007. Windows Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi "administrator-by-default" yang diberlakukan pada Windows XP. Windows Vista juga memperkenalkan fitur grafik yang jauh lebih "memikat", yang disebut dengan Windows Aero GUI, aplikasi yang baru (seperti halnya Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa game baru termasuk Chess Titans, Mahjong, dan Purble Place). Selain itu, Windows Vista juga menawarkan versi Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, serta Windows Media Player versi baru (versi 11). Windows Vista, menampilkan antarmuka grafis Aero-nya yang memikat, Welcome screen dan menu Start.
Windows Vista menggunakan nomor versi 6.0, sehingga memang terdapat perbedaan versi yang signifikan jika dibandingkan dengan Windows XP yang menggunakan nomor versi 5.1 atau Windows Server 2003 (5.2). Karena, memang Windows Vista memiliki banyak perbedaan yang mendasar, khususnya pada bagian arsitektur dasar sistem operasi.

2.3 SPESIFIKASI HARDWARE DALAM PENGINSTALAN
WINDOWS 7

Pada tahun 2008, Windows 7 dipresentasikan pertama kalinya dengan berbagai kecanggihannya, diantaranya multi-touch support, tetapi karena kebanyakan PC dan laptop yang beredar saat ini belum sepenuhnya mendukung multi-touch, mungkin kegunaannya belum begitu dibutuhkan untuk saat ini.
Diakhir tahun 2008, microsoft merilis versi beta dari Windows 7. Filenya berbentuk ISO, yang harus dibakar kedalam keping DVD terlebih dahulu, karena besar installernya ini mencapai 2,5 GB. Dan siapkan harddisk untuk instalasinya sebesar 6GB.
Yang paling terasa dari Windows 7 ini kalau dibandingkan dengan Windows Vista, adalah proses booting dan shutdown yang jauh lebih cepat. Selain itu beberapa aplikasi seperti Windows Media Centre juga berjalan lebih mulus dan terasa lebih ringan.




Spesifikasi minimum untuk menjalankan Windos 7 adalah :
o 1 GHz 32-bit or 64-bit processor
o 1 GB of system memory
o 16 GB of available disk spacen
o Support for DirectX 9 graphics with 128 MB memory (to enable the Aero theme)
o DVD-R/W Drive
2.4 SPESIFIKASI HARDWARE DALAM PENGINSTALAN
WINDOWS VISTA

Prosesor 64 bit seperti Intel Pentium 4 dgn EM64T, Intel Pentium 4 Extreme Edition dgn EM64T, dan AMD Athlon 64, AMD Athlon 64 FX, Mobile AMD Athlon 64, dan AMD Turion 64. Karena prosesor x64 menjalankan sistem operasi windows 32-bit (xp ke bawah) atau 64-bit (longhorn/vista) lebih baik. Memori minimal 512 mb, kecuali jika banyak mendisain grafis atau banyak membuka aplikasi dalam sekali jalan maka memori minimal 1 gb lebih baik. Grafisnya minimal mendukung direct-x versi 9 dan minimal memorinya 64 mb. Jika memilih untuk memakai kartu grafis terintergrasi direkomendasikan memakai mobo yg chipsetnya Intel's 945G express chipset atau ATI RS400 atau keluarga chipset ATI RS480.
Untuk laptop yang ingin memakai fasilitas AEROnya windows vista (tampilan 3D seperti kaca) direkomendasikan memakai discrete card (non-integrated graphic card), kecuali jika memakai graphic integrated pada laptop terbaru beberapa lama setelah vista terilis. Media penyimpanan : Integrated Drive Electronics (IDE) hard disk 7200 RPM dan chachenya 2 MB. DVD yang mampu baca tulis akan menjadi elemen penting dalam windows vista yang dapat mendukung tipe -RW dan +RW (i.e., DVD±RW) untuk memastikan kompatibilitas penuh.
2.5 ADDING PROGRAM GROUPS WINDOWS 7

1. Klik kanan pada daerah kosong pada taskbar.
2. Klik group by - Name




2.6 ADDING PROGRAM GROUPS WINDOWS VISTA
1. Klik kanan pada daerah kosong pada taskbar.
2. Klik group by - Name



2.7 ARRANGING ICON PADA WINDOWS VISTA
Ikuti caranya berikut :
1. Klik kanan pada folder yang ingin diubah iconnya lalu klik PROPERTIES.













2. Lalu ke Cuztomize >> Change Icon




3. Pilih gambar icon yang ingin diubah menjadi icon folder tadi. Untuk mengganti Ikon/Icon Folder di windows 7 tidak berbeda jaun dengan yang cara mengganti ikon folder di windows Xp, begitu juga cara untuk mengganti ikon folder di windows vista.
Untuk menggubah icon folder anda perlu klik kanan di folder yang ingin diganti ikon nya, lalu pilih menu Properties.

Pada jendela yang muncul klik pada tab Costumize dan tekan pada tombol Change Icon... Maka jendela baru akan muncul lagi.

Dari sini anda dapat mencari file yang ber ekstensi *.ico di komputer anda untuk dijadikan ikon baru di folder anda. Bisa juga dengan menggunaan ikon yang telah disediakan oleh windows
2.8 CHANGING THE DIRECTORY VIEW PADA WINDOWS 7
Langkah-langkah
• klik kanan pada driver D
• kemudian pilih sort by - name

Gambar untuk mengubah tampilan folder
2.9 CHANGING THE DIRECTORY VIEW PADA WINDOWS VISTA
Langkah-langkah
• klik kanan pada driver D
• kemudian pilih sort by - name



2.10 CREATE DIRECTORY WINDOWS 7
• klik kanan pada driver D
• lalu pilih new - folder

2.11 CREATE DIRECTORY WINDOWS VISTA








Gambar untuk membuat directory file

2.12 FORMATTING DISK PADA WINDOWS 7
1. Buka Menu explorer, klik kanan pada Icon Start pilih Open Windows explorer atau tekan (windows Key pada keyboard+E),
Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut.

2. Pilih disk mana yang akan diformat.
3. Jika memilih drive D: kemudian klik kanan pada icon drive D, pilih format, akan muncul tampilan sebagai berikut.

4. Klik Start Untuk memulai pemformatan..
2.13 FORMATTING DISK PADA WINDOWS VISTA
1. Buka Menu explorer, klik kanan pada Icon Start pilih Open Windows explorer atau tekan (windows Key pada keyboard+E),
Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut.

2. Pilih disk mana yang akan diformat.
3. Jika memilih drive D: kemudian klik kanan pada icon drive D, pilih format, akan muncul tampilan sebagai berikut.

4. Klik Start Untuk memulai pemformatan..
2.14 CONFIGURATION SERIAL PORT

Port serial adalah komunikasi serial interface fisik melalui yang mentransfer informasi dalam atau keluar satu bit pada suatu waktu (kontras port paralel ). Sepanjang sebagian besar sejarah komputer pribadi , mentransfer data melalui port serial terhubung komputer untuk perangkat seperti terminal dan berbagai perangkat.
Interface seperti Ethernet , FireWire , dan USB semua mengirim data sebagai serial aliran , istilah "serial" port biasanya mengidentifikasi hardware lebih atau kurang sesuai dengan RS-232 standar, dimaksudkan untuk antarmuka dengan modem atau dengan perangkat komunikasi yang serupa.



Gambar DE-9 konektor digunakan untuk port serial pada IBM PC yang kompatibel komputer.
Gambar serial port

Tidak ada komentar:

Posting Komentar