Kamis, 02 Desember 2010

DOS

2.1 Pengertian DOS (Disk Operation System)

DOS (Disk Operation System) adalah merupakan sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. Untuk fasilitas booting komputer dan menjalankan beberapa aplikasi software, misalnya WS dan Lotus. Masih banyak fungsi DOS yang digunakan pada zaman sekarang, terutama dalam menyelesaikan beberapa troubleshooting pada hardware komputer. Walaupun bisa juga dilakukan pada sistem operasi berbasis GUI. Berikut ini adalah fungsi-fungsi DOS :
• Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer.
• Mengatur memori.
• Mengatur proses input dan output data.
• Management file.
• Management directory.
2.1.1. Ada pula Macam-macam DOS terbagi menjadi beberapa kelas, yakni :
> MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) : termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.
IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.
> DR-DOS (Digital Research Disk Operating System) : yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.
> Novell Personal Netware : merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).
> Caldera DOS : merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.
> FreeDOS : merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source.

MS-DOS (Microsoft Disk Operating System) adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh computer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang di sebut sebagai Microsoft Windows.

2.2 Perkembangan DOS

MS-DOS versi 1.0
Sejarah Perkembangan DOS (Disk Operation System), Pada tahun 1975, komputer pribadi (PC) pertama Altair diproduksi MITS (Micro Instrumentation Telemetry System) of Albuquerque, New Mexico dengan prosesor 8080 8 bit dan memori 256 byte, tanpa keyboard, layar, tape atau disk, seharga $400. Komputer ditujukan untuk para hobbyist elektronika. Pada komputer ini, Bill Gates menulis interpreter BASIC. Sistem operasi yang ada adalah CP / M dari digital Research.
Tahun 1979, Tim Paterson dari Seatle Computer Products membuat 86-DOS meniru CP/M untuk menguji produk-produk berbasi prosesor 8086.
Agustus 1981, Microsoft membeli 86-DOS dari Tim Paterson dan diperbaiki menjadi MS-DOS versi 1.0, dirilis sebagai MS-DOS atau PC-DOS versi 1.00. Sistem operasi ini dibuat dengan 4000 baris kode bahasa assembly.
Fitur-fitur MS-DOS versi 1.0:
* Memakai memori 12 KByte di prosesor Intel 8086 dengan memori 64 Kbyte.
* Hanya mendukung 1 direktori (flat directory) dan 64 file.
* Tidak mendukung harddisk.
* Hanya mendukung floppy disk 5¼ inchi 160 Kbyte, dengan 512 byte/sektor.

MS-DOS dipasarkan dengan dua nama, yaitu:
* PC-DOS merupakan rilis untuk IBM PC
* MS-DOS

Sistem PC-DOS berisi:
* ibmio.com, yaitu disk dan character I/O system.
* ibmdos.com, yaitu disk dan file manager.
* command.com, yaitu command processor, shell primitif.

Sistem operasi MS-DOS berisi:
* ibmio.com, yaitu disk dan character I/O system.
* io.sys, yaitu disk dan file manager.
* msdos.sys, yaitu command processor, shell primitif.

Sistem operasi kompatibel dengan CP/M, dengan peningkatan alokasi disk, lebih cepat dan mendukung shell script primitif disebut batch files.
Oktober 1982, di-rilis MS-DOS versi 1.1 mendukung disket 320 KByte.
MS-DOS versi 2.0
Tahun 1983, IBM mengembangkan PC XT, komputer pribadi (PC) berbasis harddisk dan kemudian dirilis MS-DOS versi 2.0 untuk PC-XT dengan fitur berikut:
* Mendukung harddisk.
* Mendukung direktori hirarki (hierarchical directory)
* Menyediakan perintah DOS lebih kaya dengan program eksternal sebagai utilitas.
* Ditambah kemampuan meniru UNIX seperti I/O redirection, pipeline, filter dan background printing (print spooler), pemakaian file descriptor.
* Mendukung disket 360 KByte, system configuration (config.sys), user-installable device driver, memory management dan customized shell.
Sistem operasi ini memakai memori 24 Kbyte, dibuat dengan 20.000 baris assembly.




MS-DOS versi 2.05
Kemampuan Intel 80286 tidak sepenuhnya digunakan oleh MS-DOS 3.0 agar kompatibel dengan rilis sebelumnya, menggunakan sebagai 8086 cepat (fast 8086).
Fitur:
* Mendukung keyboard dan peripheral harddisk baru (AT Bus).
* Shell bisa diganti oleh pemakai, misalnya dengan Norton Shell yaitu NDOS.COM.
Sistem operasi memakai memori 36KByte, dibuat dari 40.000 baris assembly.
MS-DOS versi 3.1
Mendukung jaringan PC-PC.
Memori yang dipakai tidak bertambah, diperoleh dengan menambahkan bagian sistem operasi yang dapat di-swap.
MS-DOS versi 3.2
Mendukung disket 3 1/2 inchi dan IBM Token Ring, tapi penuh bug.
Tahun 1987, IBM membuat keluarga komputer PS/2.
MS-DOS versi 3.3
Rilis inipun tidak sepenuhnya memakai kemampuan prosesor pada PS/2 yang menggunakan Intel 80286 atau Intel 80386.
Fitur:
* Mendukung komunikasi serial standar sampai 19.200 bps.
* Memori yang dipakai adalah 46 Kbyte.
Windows
Sejak 1980, Microsoft mengembangkan GUI (Graphical User Interface) pada Windows, untuk menjembatani pemakai DOS. Pengembangan bertujuan untuk berkompetisi dengan Macintosh yang telah lebih dulu menawarkan user friendly GUI.
Tahun 1990, versi GUI Microsoft (MS Windows 3.0) mendekati user-friendly Macintosh, kekurangannya adalah GUI ini harus berjalan diatas DOS.
Setelah keluar dari kerjasama dengan IBM dalam pengembangan sistem operasi generasi baru (OS/2) yang mengeksploitasi keampuhan mikroprosesor baru secara
maksimal, Microsoft mengembangkan MS Windows NT dengan user interface serupa MS Windows 3.1 tetapi didasarkan konsep yang sangat amat berbeda (filesystem NTFS pertama kali diperkenalkan).
MS Windows NT mengeksploitasi daya/kemampuan mikroprosesor saat ini dan menyediakan multitasking penuh pada lingkungan single-user.
MS-DOS versi 4.0
Mendukung harddisk lebih besar, dari 32 MByte sampai dengan 2 Gigabyte.
Meskipun program terbatas sampai 640 Kbyte, RAM 16 Mbyte dapat digunakan sebagai Ram-disk untuk meningkatkan kinerja sistem file.
Memberikan menu-driven shell tidak hanya keyboard-oriented shell.
MS-DOS versi 5.0
April 1991, dirilis MS-DOS versi 5.0 dengan fitur:
* Mendukung penggunaan extended memory.
* Program terbatas sampai 640 Kbyte, menggunakan extended memory untuk user-written device driver dan utilitas-utilitas.
Mempunyai shell baru dengan kemampuan banyak program di memori, untuk pindah dengan CTRL-ESC, fasilitas HELP, upgrade program utilitas lainnya misalnya edlin dengan screen editor.

2.3 Arsitekture DOS

2.3.1. Komponen-komponen Sistem DOS
Pada kenyataannya tidak semua sistem operasi mempunyai struktur yang sama. Namun menurut Avi Silberschatz, Peter Galvin, dan Greg Gagne, umumnya sebuah sistem operasi modern mempunyai komponen sebagai berikut:
• Manajemen Proses
• Manajemen Memori Utama
• Manajemen Berkas
• Manajemen Sistem I/O
• Manajemen Penyimpanan Sekunder
• Jaringan
• Command-Interpreter System
Sedangakan menurut A.S.Tananbaum, Sistem Operasi mempunyai empat komponen utama, yaitu manajemen proses, input/output, manajemen memori dan sistem berkas.
2.3.2. Manajemen Proses
Proses merupakan kosep pokok di sistem operasi. Terdapat beragam definisi proses diantaranya:
• Proses adalah program yang sedang dieksekusi.
• Proses merupakan unit kerja terkecil yang secara individual memiliki sumber daya-sumber daya dan dijadwalkan oleh sistem operasi.
Sebuah proses membutuhkan beberapa sumber daya untuk menyelesaikan tugasnya. Sumber daya tersebut dapat berupa CPU time, memori, berkas - berkas, dan perangkat-perangkat I/O . Sistem operasi menegelola semua proses di sistem dan mengalokasikan sumber daya ke proses-proses sesuai kebijaksanaan untuk memenuhi sasaran sistem. Sistem operasi mengalokasikan sumber daya-sumber daya tersebut saat proses itu diciptakan atau sedang diproses/dijalankan. Ketika proses tersebut berhenti dijalankan, sistem operasi akan mendapatkan kembali semua sumber daya yang bisa digunakan kembali. Sistem operasi bertanggung jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan manajemen proses seperti:
• Menciptakan dan menghapus proses.
• Menunda atau melanjutkan proses.
• Menyediakan mekanisme untuk proses sinkronisasi.
• Menyediakan mekanisme untuk proses komunikasi.
• Menyediakan mekanisme untuk penanganan deadlock.
2.3.3. Manajemen Memori Utama
Memori utama atau lebih dikenal sebagai memori adalah sebuah array yang besar dari word atau byte, yang ukurannya mencapai ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Memori utama berfungsi sebagai tempat penyimpanan instruksi / data yang akses datanya digunakan oleh CPU dan perangkat I/O .Memori utama termasuk tempat penyimpanan data yang yang bersifat volatile - tidak permanen (sementara), artinya data akan hilang jika komputer dimatikan. Manajemen memori sangat mempengaruhi kinerja komputer. Manajemen memori melakukan tugas penting dan kompleks berkaitan dengan:
• Memori utama sebegai sumber daya yang harus dialokasikan dan dipakai bersama di antara sejumlah proses yang aktif, agar dapat memanfaatkan prosesor dan fasilitas input/output secara efisisen, maka diinginkan memori yang dapat menampung sebanyak mung kin proses.
• Upaya agar pemrogram atau proses tidak dibatasi kapasitas memori fisik di sistem komputer (adanya memori virtual).
Sistem operasi bertanggung jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan manajemen memori seperti:
• Melacak pemakaian memori (berapa besar dan oleh siapa)
• Mengelola informasi memori yang dipakai atau tidak dipakai.
• Alokasi dan dealokasi memori sesuai keperluan.
• Memilih program yang akan di-load ke memori.
2.3.4. Manajemen Berkas
Berkas adalah kumpulan informasi yang berhubungan, sesuai dengan tujuan pembuat berkas tersebut. Umumnya berkas merepresentasikan program dan data. Berkas dapat mempunyai struktur yang bersifat hirarkis (direktori, volume, dll.). Sistem operasi mengimplementasikan konsep abstrak dari berkas dengan mengatur media penyimpanan massa, misalanya tapes dan disk. Sistem operasi bertanggung jawab dalam aktivitas yang berhubungan dengan manajemen berkas :
• Pembuatan dan penghapusan berkas.
• Pembuatan dan penghapusan direktori.
• Mendukung manipulasi berkas dan direktori.
• Memetakan berkas ke penyimpanan sekunder.
• Mem- back up berkas ke media penyimpanan yang permanen (non-volatile).

2.3.5. Manajemen Sistem I/O
Sering disebut device manager. Menyediakan device driveryang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis,menutup). Contoh: pengguna menggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada perangkat keras, CD-ROM dan floppy disk .
Komponen Sistem Operasi untuk sistem I/O :
• Buffer : menampung sementara data dari/ ke perangkat I/O .
• Spooling: melakukan penjadwalan pemakaian I/O sistem supaya lebih efisien (antrian dsb.).
• Menyediakan driver: untuk dapat melakukan operasi "rinci" (detail) untuk perangkat keras I/O tertentu.

Manajemen sistem I/O merupakan aspek perancangan sistem operasi yang terluas disebabkan sangat beragamnya perangkat dan begitu banyaknya aplikasi dari perangkat- perangkat itu. Sistem operasi bertanggung jawab dalam aktivitas yang berhubungan dengan manajemen sistem/perangkatI/O:
• Mengirim perintah ke perangkat I/O agar menyediakan layanan.
• Menangani interupsi perangakat I/O .
• Menangani kesalahan pada perangakat I/O.
• Menyediakan antarmuka ke pengguna.




2.3.6. Manajemen Penyimpanan Sekunder
Data yang disimpan dalam memori utama bersifat sementara dan jumlahnya sangat kecil. Oleh karena itu, untuk meyimpan keseluruhan data dan program komputer dibutuhkan penyimpanan sekunder yang bersifat permanen dan mampu menampung banyak data, sebagai back up dari memori utama. Contoh dari penyimpanan sekunder adalah hard-disk, disket, dll.
Sistem operasi bertanggung-jawab atas aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan manajemen penyimpanan sekunder seperti:
• Manajemen ruang kososng
• Alokasi penyimpanan
• Penjadwalan disk
2.3.7. Jaringan
Sistem terdistribusi adalah sekumpulan prosesor yang tidak berbagi memori, atau clock. Tiap prosesor mempunyai memori dan clock tersendiri. Prosesor-prosesor tersebu terhubung melalui jaringan komunikasi. Sistem terdistribusi menyediakan akses pengguna ke bermacam sumber daya sistem. Akses tersebut menyebabkan peningkatan kecepatan komputasi dan meningkatkan kemampuan penyediaan data.
2.3.8. Command-Interpreter System
Sistem Operasi menunggu instruksi dari pengguna (command driven). Program yang membaca instruksi dan mengartikan control statements umumnya disebut: control-card interpreter,command-line interpreter dan terkadang dikenal sebagai shell. Command-Interpreter System sangat bervariasi dari satu sistem operasi ke sistem operasi yang lain dan disesuaikan dengan tujuan dan teknologi perangkat I/O yang ada. Contohnya: CLI, Windows, Pen-based (touch), dan lain-lain.










BAB 3
Pembahasan Materi

3.1 Perintah Internal dan Eksternal

Perintah Internal, Alasan disebut perintah Internal. File-file yang terdapat dalam DOS terbagi dalam dua kategori besar, yaitu Internal command dan External command. Yang dimaksud dengan Internal Command ialah perintah-perintah DOS yang siap pakai dimana saja,karena perintah tersebut telah dimasukkan kedalam COMMAND.COM(intrepreter perintah dos) dan juga pada saat booting, file-file ini disimpan pada RAM (Random Acsses Memory), yaitu DIR, COPY, DELET, RENAME, TIME, DATE, VOL, VER, CLS, Prompt. Macam-macam perintah internal :
Table 1. Perintah Internal











Perintah Eksternal, Alasan Disebut perintah Eksternal, Perintah -perintah tersebut tidak dimasukkan kedalam COMMAND.COM, dan membutuhkan sebuah berkas atau file yang dapat dieksekusi (berupa program Dos). yang harus terdapat dalam directory aktif dan juga harus berektensi COM/EXE. Macam-macam Perintah Eksternal :


3.2 Command Interpreter

command Interpreter adalah suatu program yang membaca perintah berdasarkan teks yang diterima melalui User atau File. Ada pun cara untuk menjalankan Command Interpreter.
(E.i. C: \ WINDOWS \ COMMAND.COM) C:>
Jika Anda pernah mendapatkan pesan Ketik nama Command Interpreter saat boot ke Windows Anda tahu Anda dalam kesulitan. Yah, sebenarnya mungkin tidak begitu buruk, jika Anda tahu apa yang harus dilakukan.

Mari pertama mendapatkan beberapa knownledge dasar sebelum Anda mencoba untuk memperbaiki hal ini. BIOS adalah mencari file yang dibutuhkan untuk me-load Windows, dalam kasus ini adalah berkas Command.com. File-file yang diperlukan adalah Command.com, IO.SYS, dan MSDOS.SYS untuk mendapatkan Windows mulai. Mereka berada di Root dari Drive C. File Command.com adalah Interpreter bahasa di tingkat DOS. Ini adalah program yang menciptakan jendela MSDOS. Ini melakukan fungsi Anda meminta ketika anda mengetikkan perintah di jendela MSDOS. Jika Anda menyisipkan disket boot dan boot dengan itu dan Anda ketik Copy A: \ Command.com C: \ Command.com, Command.com akan menyalin file A: \ Command.com ke C: \ Command.com. Namun, jika anda mengetik Copy C: \ Command.com A: \ Command.com anda akan mendapatkan error karena file A: \ Command.com sedang digunakan (Anda menggunakannya) dan tidak dapat ditimpa.
Command.com memungkinkan Anda untuk boot ke DOS atau drive dan memiliki sebuah prompt dari yang bekerja di, misalnya A:>
Sekarang bahwa Anda dipersenjatai dengan informasi dasar ini, mari kita lihat apakah kita dapat memperbaiki masalah Anda. Kita tahu bahwa komputer menemukan drive bootable, karena kita boot ke Windows dan bukan sebuah disket maka menemukan hard drive bootable. Bootable berarti bahwa drive telah ditandai sebagai aktif dan memiliki sektor boot ditandai. Karena drive bootable ditemukan kita tahu bahwa drive bekerja dan terhubung dengan motherboard. Jika ini tidak terjadi, Anda akan mendapatkan sesuatu pesan seperti media Masukkan bootable.
Karena BIOS telah meminta file Command.com dan tidak NTDLR kita sekarang tahu bahwa sektor boot utuh. Komputer (BIOS) tahu dari sektor boot bahwa sistem operasi adalah sistem operasi berbasis DOS seperti platform Windows 95, atau versi sebelumnya DOS, dan bukan Windows NT Platform (NT, 2000, 2003, XP). Ok demikian Anda sejauh ini.
Karena kita memiliki hard drive bootable, dan kami percaya bahwa sektor boot utuh, kita sekarang memiliki dasarnya hanya dua kemungkinan lain untuk mendapatkan pesan Ketik nama Command Interpreter, sebuah rusak FAT (File Allocation Table) atau dihapus atau file korup.
Jadi mari kita masukkan startup Windows disket ke dalam drive A. Jika anda tidak memiliki drive A anda harus memiliki CD bootable dengan file yang dibutuhkan di atasnya. Jika Anda membuat sebuah disket startup dari sistem operasi yang sama (versi Windows) dan Anda telah Sys.com pada disket Anda dapat mengetik Sys C: pada A:> prompt dan sys.com akan mentransfer file boot yang dibutuhkan ke C drive.
Jika Anda tidak memiliki Sys.com pada disket, Anda dapat mengetik
Copy C: \ Windows \ Command \ Sys.com A: \ dan file akan disalin ke disket Anda.
Jika Anda tidak memiliki disket startup, lalu boot ke windows. Ketika Anda mendapatkan error, ketik jalan menuju Command.com, ketik C: \ Windows \ Command.com dan tekan Enter. Anda sekarang memiliki MSDOS berjalan. Jika Anda tidak tahu Anda juga memiliki salinan file ini di folder Windows.
Mudah-mudahan Anda telah SCANDISK.EXE pada disket startup Anda. Selanjutnya, ketik kata SCANDISK.EXE C: dan tekan Enter lagi. Memiliki Scandisk memeriksa dan memperbaiki drive C Anda untuk kesalahan. Jika Scandisk tidak pada disket Anda, Anda dapat menemukannya di Windows \ folder Command.
Hal berikutnya yang kita akan lakukan adalah untuk menyalin Command.com dari startup kami floppy ke drive C. Tipe: Copy A: \ Command.com C: \ Command.com dan kemudian tekan Enter. Anda mungkin juga harus menyalin file IO.SYS pada disket Anda ke drive C, hanya untuk memastikan bahwa itu ada. JANGAN salin file MSDOS.SYS. By the way, file IO.SYS mungkin akan menjadi file tersembunyi sehingga Anda akan perlu untuk menghapus Atribut. Mereka harus Tersembunyi, Sistem, dan Read Only. Jadi, Anda akan perlu mengetik di A prompt ATTRIB-H-S-R IO.SYS dan kemudian tekan Enter sebelum mengcopy file. Jika Anda tidak memiliki Attrib.exe pada Anda disket Anda perlu
Sekarang reboot, mudah-mudahan Anda tidak akan mendapatkan pesan kesalahan lagi. Jika Anda mendapatkan pesan lagi, Anda mungkin harus memiliki Fdisk memperbaiki Master Boot Record: dari \ Windows Anda Command prompt. Anda akan perlu untuk tipe CD Windows \ Command dan tekan Enter. Jenis: Fdisk / mbr lalu tekan Enter. Ini hanya memakan waktu kurang dari satu detik dan pesan tidak akan ditampilkan.









3.3 Perintah Dasar DOS

Perintah DOS atau perintah dasar DOS sangat berguna bagi anda yang baru belajar dunia komputer khususnya pemrograman, karena memang perintah ini nantinya akan banyak digunakan dalam hal tersebut, dimana DOS (Disk Operating System) merupakan sebuah Operating System yang paling sederhana karena fungsi dan kegunaan DOS hanya untuk membuka atau membuat komponen-komponen hardwara dapat di gunakan. Selebihnya DOS membutuhkan dukungan program aplikasi-aplikasi lain. Ketika pertama kali DOS dijalankan Operating System ini akan menampilkan A from ( A:\> ) setelah memunculkan A From.
Tabel 3. Perintah-perintah dasar DOS
Perintah Fungsi
Cd Pindah directory
contoh : cd windows, untuk pindah ke directory windows
Copy Meng-copy file
copy file1.txt filebaru.txt Meng-copy file1.txt, nama file hasil copy-an adalah filebaru.txt. Jadi akan terdapat file1.txt dan filebaru.txt dengan isi yang sama. Ganti file1.txt dan filebaru.txt dengan nama file yang akan Anda copy
copy file1.txt c:\data Mengcopy file1.txt ke directory data pada drive C (nama file hasil copy-an adalah file1.txt)
copy file1.txt c:\data\filebaru.txt Meng-copy file1.txt ke directory data dengan nama file hasil copy-an filebaru.txt
Dir Menampilkan file dan directory
dir a: Menampilkan file dan directory pada drive A
dir /p Menampilkan file dan directory per halaman. Perintah ini sangat berguna bila terdapat file dan directory yang banyak.
dir /w Menampilkan file dan directory secara "singkat" (cuma menampilkan nama file atau directory saja, tidak ada keterangan ekstensi, ukuran file, tanggal dan jam)
ren Mengganti nama file
ren filelama.txt filebaru.txt Mengganti nama file filelama.txt menjadi filebaru.txt







3.4 Promt, Path, dan Pembuatan Tree

Prompt adalah sebutan bagi tanda kesiapan sistem operasi berbasis antarmuka baris perintah untuk menerima perintah dari pengguna. Dalam sistem operasi MS-DOS dan Windows, tanda prompt umumnya seperti C:\>. Dalam sistem operasi UNIX, jenis prompt yang ditampilkan tergantung dari jenis shell yang digunakannya, dan jenis privilese yang dimiliki oleh pengguna, yang dapat berupa # atau $.
Protected Media Path adalah kumpulan teknologi membentuk "Protected Environment", yang ada dalam sistem operasi Windows Vista, yang digunakan untuk mengontrol pengkopian media digital. Subsetnya adalah Protected Video Path (PVP) dan Protected-User-Mode-Audio(PUMA).
Tree adalah perintah untuk menampilkan gambar diagram folder dan subfolder dari suatu drive. Pastikan folder tersebut berada pada drive di mana folder tersebut tersimpan. Berikut adalah contoh penulisan yang benar, jika ingin melihat tampilan diagram pohon isi dari folder yang berada pada drive E:
Gambar 1. Pembuatan Tree














BAB 4
Sistem File Pada DOS

4.1 Jenis-jenis File

File Induk (Master File) yaitu file yang digunakan untuk menyimpan data dari system informasi tertentu secara lengkap dan dipelihara secara teratur. File ini merupakan file utama dari file-file yang lainnya. File Induk dapat diperbaharui dengan adanya file Transaksi.
Ada 2 jenis tipe File Master :
1. Reference Master File, yaitu file yang berisi record yang tak berubah / jarang berubah. Contoh : berkas pelanggan yang berisi field nomor rekening, nama dan alamat.
2. Dynamic Master File, yaitu file yang berisi record yang terus-menerus berubah dalam kurun waktu tertentu atau berdasarkan suatu peristiwa transaksi. Contoh : berkas stok barang, dll.
File Transaksi yaitu file yang berisi informasi yang digunakan untuk memperbaharui file Master. Sehingga dengan adanya file transaksi ini, file master dapat berubah sesuai dengan informasi yang ada di file transaksi tersebut.
File Laporan yaitu file yang berisi data yang dibuat untuk laporan atau keperluan user, file ini hanya bisa dicetak pada kertas printer atau hanya ditampilkan di layar monitor.
Work File yaitu file sementara dari system yang merupakan alat untuk melewatkan data yang dibuat oleh program ke program lain. Dalam hal ini adalah proses perubahan file master dengan menggunkan file transaksi sebagai file pengganti atau perubahnya.
Program File yaitu file yang berisi intruksi-intruksi untuk memproses data yang akan disimpan pada file lain atau pada memori utama. Intruksi-intruksi tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti BASIC, COBOL, FORTRAN, bahasa assembler dan lain sebagainya.
Teks File yaitu file yang berisi input data alphanumeric dan grafik yang digunakan oleh sebuah teks editor program. Teks File ini hanya dapat diproses dengan menggunkanan teks editor.
Dump File yaitu file yang digunakan untuk tujuan pengamanan (Security), mencatat tentang kegiatan pengUpdatetan, sekumpulan transaksi yang telah diproses atau sebuah program yang mengalami kekeliruan. Dump File merupakan jenis file yang bersifat sementara.
Library File yaitu file yang digunakan untuk penyimpanan program aplikasi, program utilitas atau program lainnya. File ini bersifat tetap yang merupakan file sempurnanya dari dump file. Itulah perbedaan antara dump file dengan library file, dimana dump file hanya file sementara yang masih dalam proses perbaikan atau pengembangan sedangkan file library merupakan file finishing dari dump file.
File History yaitu file yang menyimpan data yang telah disimpan dalam bentuk suatu periode waktu tertentu yang telah lampau, biasanya digunakan untuk menyusun laporan yang bersifat tetap.
Macam-macam file berdasarkan cara organisasinya, dibagi menjadi 2 jenis :
1. File Sekuensial, yaitu file dimana dalam rangkaian fisik data yang satu dengan yang lainnya diakses berurutan sesuai dengan data secara fisik yang telah ditentukan sebelumnya.
2. File Random, yaitu file dimana dalam metode pengaksesannya dilakukan secara acak dan bebas tak berpengaruh pada urutan data tertentu.
Menampilkan Kode Kesalahan DOS
Sering bingung atau sering mengalami kesalahan dalam mengeksekusi perintah eksternal DOS ? (misalnya chkdsk, xcopy, attrib, dll) ? Kini jangan lagi, karena Anda dapat mengetahui kesalahan apa yang Anda lakukan. Caranya pada MS-DOS Prompt ketikkan COMMAND /Z. Perintah ini tidak berlaku untuk perintah internal seperti copy, dir, rename, dll. Untuk kembali ke modus MS-DOS “biasa” Anda cukup
menuliskan perintah EXIT COMMAND.
Mengenal Ekstensi File
Saat Anda mengklik kanan pad file dan memilih Properties, pada bagian MS-DOS name pasti ada tulisan tiga huruf sesudah titik. Itulah yang dinamakan ekstensi file. Fungsinya adalah untuk mengetahui atau membedakan jenis file. Nah, yang kami tuliskan di sini adalah beberapa jenis file yang paling umum. Untuk mengetahui ekstensi file lainnya Anda bisa membuka Windows Explorer, lalu pilih menu View – Folder Options. Pindah ke tab Files Types. Di sana terdapat puluhan dan mungkin ratusan ekstensi file. Semakin banyak Anda menginstall aplikasi maka daftar ekstensi file yang ada akan semakin panjang. Di antara beberapa ekstensi file itu adalah sebagai berikut :






Ekstensi Jenis
Aplikasi yang digunakan
Asm Source code pemrograman Assembly Sembarang teks editor, seperti MS Word, NotePad, Wordpad
Bat Teks MS Word, Notepad, WordPad, Edit (pd DOS prompt)
Bmp image Sembarang image editor, seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint, dll
Cdr Corel Draw
Doc Docoument MS Word MS Word
Exe Aplikasi Merupakan file aplikasi
Fon File font Font Viewer
htm, html, shtml Internet Document Netscape Navigator, IE Mozilla Firefox
Gif Image, animasi Image editor. Sedangkan untuk mebuat animasinya gunakan Ulead Gif Animator, Gif Construction Set, dll.
Ico File icon Microangelo
jpg/jpeg Image Image editor, seperti PhotoShop, PhotoPaint, Paint.
Log File log Sembarang teks editor
mp3 Audio WinAmp
Pas Source code bahasa pemrograman Pascal/Delphi Sembarang teks editor
Pdf Adobe Acrobat Reader
Psd Image Adobe PhotoShop
Reg File registry Regedit, untuk mengedit gunakan sembarang teks editor
Ttf File font Font Viewer
Txt Teks Sembarang teks editor
Zip File kompresi WinZip, WinRar







4.2 Syarat Penamaan File
Syarat Penulisan Nama File

1. Nama file maksimal terdiri dari 8 karakter
2. Nama file dapat merupakan kombinasi huruf dan angka tapi harus dimulai dengan huruf
3. Nama ekstensi (jenis file) maksimal terdiri dari 3 karakter
4. Penulisan nama ekstensi bersifat optional
5. Nama ekstensi tidak boleh menggunakan nama yang telah menjadi ‘milik’ komputer, misalnya com, bat, bas, pas, cob, $$$, bak, dan lainnya
6. Nama file dan nama ekstensi dipisahkan oleh tanda baca titik
7. Di dalam nama file dan nama ekstensi tidak boleh ada tanda baca apapun selain tanda baca titik sebagai pemisah
8. Pemakaian huruf kecil dan huruf besar dianggap sama

Penamaan File
Spesifikasi File

















4.3 Pengetahuan Direktory
4.3.1. Fungsi Directory
1. Mempermudah proses pencarian file.
2. Mempercepat waktu akses komputer.
3. Mengelompokkan beberapa file berdasarkan kriteria tertentu.

4.3.2. Petunjuk Penggunaan Direktory
1. Kumpulkan file yang sejenis ke dalam satu directory.
2. Berikan nama directory sesuai dengan jenis file di dalamnya, contoh, directory STATISTIKA (berisi program-program statistika).
3. Nama directory sebaiknya singkat dan mudah diingat.
4. Letakkan program dan data pada directory yang terpisah.
5. Bila perlu dapat menggunakan sub directory tapi jangan terlalu berlebihan.

4.3.3. Membuat Direktory
Perintah yang digunakan: MD atau MKDIR dari Make Directory
Contoh :
1. B:\> MD SKRIPSI
B:\> DIR

SKRIPSI

2. B:\> MD GAMES
B:\> DIR

SKRIPSI
GAMES

MENGUBAH DAN MENGAKTIFKAN DIRECTORY
Perintah yang digunakan: CD atau CHDIR dari Change Directory
Contoh :
B:\> CD SKRIPSI
B:\SKRIPSI>

KEMBALI KE DIRECTORY UTAMA

Contoh :
B :\SKRIPSI>CD \



MASUK KE DIRECTORY YANG BERADA DI ATASNYA

Contoh :
B :\SKRIPSI>CD ..


MENGHAPUS DIRECTORY
Perintah yang digunakan: RD atau RMDIR dari Remove Directory

Contoh :
B:\> RD SKRIPSI


MELIHAT STRUKTUR POHON DIRECTORY
Perintah yang digunakan: TREE

Contoh :
A:\> TREE B :


MENGHAPUS POHON DIRECTORY

Perintah yang digunakan: DELTREE

Contoh :
A:\> DELTREE B :


Catatan:
Proses untuk menghapus directory yang mempunyai sejumlah subdirectory sangat kompleks bila menggunakan perintah DEL. Untuk mempermudah penghapusan directory berserta subdi rectorynya itulah maka DOS menyediakan perintah DELTREE.

4.4 Contoh Operasi File Menggunakan Perintah Dasar

Menyalin File
B:\>COPY PROGRAM1.PAS A:LATIHAN1.PAS
Artinya: Menyalin file PROGRAM1.PAS dari disk drive B ke disk
drive A sekaligus mengganti nama file di disk drive A
menjadi LATIHAN1.PAS

Menghapus File
A:\>DEL B:PROGRAM1.PAS
Artinya: Menghapus file PROGRAM1.PAS dari disk drive B

Mengubah Nama File
C :\> REN A: LATIH.BAS A:COBA.BAS
Artinya : Mengubah nama file LATIH.BAS di disk drive A
menjadi COBA.BAS

Membandingkan File
A:\>COMP B:PROGRAM1.PAS A:PROGRAM1.PAS
Artinya: Membandingkan isi dari file PROGRAM1.PAS di disk
drive B dengan file yang sama di disk drive A
Membaca File
A:\>TYPE B:PROGRAM1.PAS
Artinya: Menampilkan isi file PROGRAM1.PAS dari disk drive B
MENYALIN SELURUH FILE DI DALAM DISKET
A:\>DISKCOPY A: A:
Artinya : Menyalin seluruh file dari satu disket ke disket yang lain,
dengan menggunakan satu disk drive


















Kesimpulan
________________________________________
DOS (Disk Operation System) adalah merupakan sistem operasi yang menggunakan interface command-line yang digunakan para pengguna komputer pada dekade tahun 1980-an. fungsi-fungsi DOS :
• Mengorganisasikan atau mengendalikan kegiatan komputer.
• Mengatur memori.
• Mengatur proses input dan output data.
• Management file.
• Management directory.
DOS juga mempunyai beberapa cara-cara pengoperasian, dari hal yang mendasar sampai hal yang rinci. Bilamana kita salah-salah mengoperasikan DOS, System akan mengalami Eror. Jadi, DOS adalah system operasi yang dioperasikan dengan cara-cara pengoperasiannya sendiri.


Saran
________________________________________
Bilamana saat kita ingin menggunakan System DOS, kita harus mengetahui apa itu DOS, Bagaimana cara mengoperasikan System DOS, dan cara pemakaian DOS untuk keperluan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar