Kamis, 02 Desember 2010

UNIX

. Latar Belakang
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan, termasuk pada bidang teknologi computer dan informasi. Sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita.

Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dalam dunia pendidikan, komputer terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah komputer harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan berkembangnya computer kita mengenal dengan istilah-istilah seperti WINDOWS, LINUX, UNIX dan lain lain. Dalam makalah ini kami akan membahas tentang UNIX.

Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan
perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

1.2. Sejarah UNIX
Pada tahun 1969, project MULTICS oleh AT&T dihentikan karna terlambat, tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, juga karena jauhnya jarak antara periset yang mengembangkannya, antara labolatorium New Jersey dan MIT.
Pada tahun 1969 juga, Ken Thompson, peneliti yang juga bekerja pada project MULTICS menggunakan komputer PDP-& mencoba merealisasikan ide MULTICS berkerja sama dengan Dennis Ritchie, yang juga sebelumnya bekerja dalam project MULTICS. Peter Neuman menyarankan menggunakan nama Unix untuk sistem yang baru ini, Sistem UNIX ini kemudian ditulis ulang untuk PDP-11 dari Digital dalam satu tahun. Ilmuan AT&T banyak menambahkan kemampuan pada UNIX. pada tahun 1970, sehingga banyak program-program kecil yang disebut tools di UNIX, masing-masing digunakan untuk melakukan suatu fungsi. Tahun 1973, Unix ditulis ulang oleh Ken Thompson dengan menggunakan bahasa C yang baru dari Ritchie, bahasa C dirancang untuk dapat dibawa portable dari komputer satu ke komputer lainnya. Tahun 1977, Mike Lesk mengembangkan "ported I/0 library", library yang dapat dibawa untuk mengatasi kesulitan membawa UNIX dari satu komputer ke komputer lain karna perbedaan penanganan sistem I/0 dari setiap komputer, Unix pertama kali dibawa kedalam laboratorium Interdata 8/32, komputer mikro yang sama dengan PDP-11. Tahun 1978, sistem operasi UNIX dibawa kedalam komputer mini VAX. sampai dengan saat ini Unix masih banyak sebagai sistem eksperimental. Awal 1973 lebih dari 16 AT&T atau Western Electric di luar laboratorium Bell menjalankan sistem operasi Unix, Unix kemudian menyebar. Tahun 1977 sedikitnya 500 tempat menggunakan sistem operasi Unix, 125 diantaranya adalah perguruan tinggi dan lebih dari 10 negara asing. Pada tahun 1977 juga keluar Unix Versi 6 yang memiliki dukungan komersial. Universitas California di Berkeley membayar 400 (dalam satuan dollar) untuk mendapatkan sumber Unix yang didalamnya terdapat kode sumber Unix yang lengkap. Bill joy dan Chuck Haley, lulusan dari Berkeley, mulai mengubah. Tahun 1978 Bill Joy mengeluarkan 30 salinan koleksi program dan modifikasi Unix dengan biaya pengganti media dan pengiriman seharga 50 (dalam satuan dollar). Lebih dari 6 tahun Berkeley mendapat dana dari ARPA untuk mengembangkan Unix yang kemudian disebut dengan BSD Unix. banyak pengembangan yang telah dilakukan seperti multitasking, penamaan file dengan jumlah karakter sampai dengan 255 karakter, dan kemampuan untuk digunakan di komputer lokal. pada tahun yang sama AT&T tetap mengembangkan Unix versinya, dan mulai khawatir akan kepopuleran BSD Unix. AT&T mengembangkan produk komersial Unix, yang disebut UNIX System V dan menyatakan sebagai standart Unix, dan menyatakan bahwa BSD Unix bukan merupakan produk Unix yang standart dan tidak kompetible, Pernyataan ini dikeluarkan oleh AT&T untuk meredam kepopuleran BSD Unix, juga karna hak cipta ada pada AT&T, BSD Unix dinyatakan sebagai BSD 4.2. dengan lisensi Berkeley dengan AT&T Universitas dapat secara bebas.
1.3. Pengertian UNIX
Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT), dengan biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA atau ARPA), UNIX didesain sebagai Sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user.


1.4. STRUKTUR UNIX

a. Perangkat Keras

1. Unit Sistem Mencakup unit pemrosesan pusat (CPU), memori, media penyimpanan (hardisk) serta piranti untuk keperluan backup, misal floppy disk, flshdisk, dll.
2. Konsol
Piranti yang terdiri dari layar dan keyboard yang dipakai oleh manajer suatu sistem (administrator sistem) untuk mengendalikan operasi sistem.
3. Terminal
Piranti yang terdiri dari layar dan keyboard yang biasa digunakan oleh pemakai untuk berinteraksi dengan sistem.
4. Jalur Komunikasi
Piranti yang biasa digunakan untuk menghubungkan terminal jarak jauh ke sistem unix.
5. Printer
Piranti yang digunakan untuk memperoleh informasi dalam kertas.

b. Perangkat Lunak


1.5. Kelebihan UNIX
• Unix bisa berinteraksi dengan operating system lain dengan cara kompabilitas file system, kompabilitas network, dan emulasi (simulasi) operating system.
• Virtual memory membuat Unix mempunyai kemampuan untuk menjalankan program – program yang lebih dari seharusnya karena penggunaan swap memori..
• Skalabilitas artinya Unix bisa berjalan dari komputer 286 XT sampai dengan mesin sebesar Beowulf clusters dengan multi prosesor 16 buah.
• Stabilitas, Unix sangat luar biasa stabil, jika dikonfigurasi dengan benar, system Unix akan hidup terus menerus hingga hardwarenya tidak memadai (rusak), lain dengan windows yang memerlukan reboot berkala untuk menjaga stabilitas. Salah satu yang mendasari stabilitas ini adalah penomoran versi dari shared libraries, kebanyakan aplikasi windows menginstall versi-versi baru dari dynamic link libraries (DLL), yang mengakibatkan aplikasi lain yang menimpa versi lain dari DLL tersebut tidak berfungsi dengan semestinya. virus pada dasarnya tidak dikenal di dunia Unix
• Didukung oleh ribuan programmer di seluruh dunia, jadi kalau ditemukan bug cepat untuk mendapatkan solusinya, bahkan dalam hitungan jam kalau ditemukan bug, workaround sudah tersedia untuk di download.
• Paket Unix merupakan satu kesatuan artinya, saat instalasi tergantung keinginan pemakai.
• Sudah mulai banyak didukung oleh vendor hardware maupun software dunia meskipun masih kalah dengan windows.
1.6. Kekurangan UNIX
• Operating system yang agak sulit untuk dipelajari terutama bagi yang tidak mempunyai dasar komputer yang kuat.
• Aplikasi yang tersedia belum sebanyak windows.
• Operating system yang tidak sepenuhnya GUI(Graphical User Interface) meskipun sudah menggunakan X-windows seperti GNOME dan KDE
• Nama-nama paket program antara distro satu dengan distro lainnya berbeda beda. Seperti paket Yaz.tar.gz.rpm.krpm.deb dan lain -lain

























BAB 2
PEMBAHASAN

2.1. Jenis Jenis UNIX
UNIX adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih andal. Tabel berikut menyebutkan beberapa jenis-jenis UNIX.

Nama varian UNIX
Dikembangkan oleh (vendor/organisasi)
A/UX
Apple Computer

Domain/X
Apple Computer

Darwin Apple Computer (modifikasi yang dilakukan oleh Apple dari kernel BSD dan diaplikasikan pada Mac OS/X).

CTIX
Convergent Technology

Distrix
Convergent Technology
UniCOS
Cray Research (sekarang bagian dari Silicon Graphics Incorporated)

DG/UX
Data General Corporation

Digital UNIX
Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq, sekarang bagian dari Hewlett-Packard)

Ultrix
Digital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq. sekarang bagian dari Hewlett-Packard)

CLIX
Fairchild Company

HP/UX
Hewlett-Packard

Tru64
Compaq (sekarang bagian dari Hewlett-Packard)

AIX
International Business Machine (IBM) Corporation

Coherent
Mark William Company

XENIX
Microsoft Corporation (lalu dijual ke SCO)

DVIX
Northern Telecom

UnixWare
Novell Incorporated

SCO UNIX
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO XENIX
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation

SCO OpenServer
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation

Dynix
Sequent

SINIX
Siemens Corporation/Nixdorf

IRIX
Silicon Graphics Incorporated (SGI)

SunOS
Stanford Universities Network (SUN)

Solaris
Sun Microsystems Incorporated

OpenSolaris
Sun Microsystems Incorporated

Illumos
Illumos.org

Eunice
The Wollongong Group

Uniplus+
Unisoft Corporation

BSD UNIX Universitas California (University of California) Berkeley, Amerika Serikat

BSD/I BSDI (Berkeley Software Design Incorporated)

OSF/1 Open Software Foundation

GNU/Linux
Free Software Foundation

GNU/Hurd
Free Software Foundation

FreeBSD

NetBSD

OpenBSD

NextStep

Minix
Universitas Terbuka Amsterdam (Vrije Universiteit Amsterdam), Belanda

Mach
Universitas Carnegie Mellon (Carnegie Mellon University), Amerika Serikat

UNIX System V
Lucent Technologies (Bell Labs)
QNX
QNX Software Systems



2.2. Ciri Ciri UNIX
1. Portabilitas : Sistem UNIX mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain atau pada berbagai jenis komputer.
2. Multiuser : sejumlah pemakai dapat menggunakan sistem secara bersamaan. Keuntungan dengan adanya ciri multiuser :
* Penghematan perangkat keras
* Data dapat diakses oleh banyak pemakai secara serentak
3. Multitasking : seorang pemakai dapat melakukan beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan dari sebuah terminal.
4. Sistem berkas yang hierarkis : memungkinkan pemakai mengorganisasikan informasi / data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan mudah untuk mengaksesnya.
5. Utilitas : merupakan program yang disesuaikan dengan kebutuhan/tugas tertentu




2.3. Shell UNIX
Sebuah shell Unix adalah -line command interpreter atau shell yang menyediakan tradisional antarmuka pengguna untuk Unix sistem operasi dan untuk Unix-seperti sistem. Pengguna langsung pengoperasian komputer dengan memasukkan input perintah sebagai teks untuk juru baris perintah untuk menjalankan atau dengan menciptakan skrip teks atau lebih, seperti perintah satu.
Yang paling berpengaruh Unix kerang telah menjadi Bourne shell dan shell C. ditulis oleh Stephen Bourne di AT & T. sh adalah asli Unix command line interpreter, itu memperkenalkan fitur dasar umum untuk semua kerang Unix, termasuk pipa , di sini dokumen , substitusi perintah , variabel , struktur kontrol untuk kondisi-pengujian dan perulangan dan nama file wildcarding .Bahasa, termasuk penggunaan kata kunci terbalik untuk menandai akhir blok, dipengaruhi oleh ALGOL 68 .
The C shell , csh, ditulis oleh Bill Joy sementara mahasiswa pascasarjana di University of California, Berkeley. Bahasa, termasuk struktur kontrol dan tata bahasa ekspresi, dimodelkan pada C. shell C juga memperkenalkan sejumlah besar fitur untuk kerja interaktif, termasuk sejarah dan mengedit mekanisme, alias , susunan direktori , notasi tilde , CDPATH , kontrol pekerjaan dan jalur hashing . Kedua kerang telah digunakan sebagai pengkodean dasar dan model untuk banyak derivatif dan kerang bekerja-sama dengan set fitur diperpanjang.
Yang generik rasa sebagian besar shell berarti setiap program yang mempekerjakan pengguna mengetikkan perintah-perintah. Dalam sistem operasi Unix pengguna dapat memilih yang shell digunakan untuk sesi interaktif. Ketika user log in ke sistem program shell secara otomatis dijalankan.Banyak jenis kerang telah dikembangkan untuk tujuan ini. Program ini disebut "shell" karena menyembunyikan rincian dari sistem operasi yang mendasari belakang shell itu interface. Shell mengelola rincian teknis dari sistem operasi kernel interface, yaitu untuk tingkat terendah, komponen atau 'batin-paling' dari sebuah sistem operasi. Demikian pula, antarmuka pengguna grafis untuk Unix, seperti GNOME , KDE , dan Xfce bisa disebut cangkang kerang visual atau grafis.
Dengan sendirinya, shell istilah biasanya berhubungan dengan baris perintah. Dalam Unix, program apapun dapat shell pengguna. Pengguna yang ingin menggunakan sintaks yang berbeda untuk mengetik perintah dapat menentukan program yang berbeda sebagai shell mereka, meskipun dalam praktek ini biasanya memerlukan hak administrator.
Shell Unix tidak biasa ketika pertama kali diciptakan. Karena keduanya merupakan interaktif bahasa perintah serta bahasa pemrograman scripting yang digunakan oleh Unix sebagai sarana untuk mengontrol (lihat skrip shell ) pelaksanaan sistem. Banyak kerang lain diciptakan untuk sistem operasi menawarkan fungsionalitas kasar setara shell Unix.
Pada sistem menggunakan sistem windowing , beberapa pengguna mungkin tidak pernah menggunakan shell secara langsung. Pada sistem Unix, shell masih merupakan bahasa script startup implementasi sistem, termasuk program yang menjalankan sistem windowing, program-program yang memfasilitasi akses ke Internet , dan banyak fungsi penting lainnya. Banyak pengguna sistem Unix masih menemukan baris perintah shell modern lebih nyaman untuk banyak tugas daripada GUI aplikasi .
2.4. Kategori Shell
Unix shell secara luas dapat dibagi menjadi empat kategori:-seperti, C shell-seperti, non-tradisional, dan sejarah. Bourne
a. Shell Bourne yang kompatibel
• Pertama didistribusikan dengan Versi 7 Unix , sekitar tahun 1978, dan disempurnakan selama bertahun-tahun.
• Shell Almquist (abu) - Ditulis sebagai pengganti-lisensi BSD untuk Bourne Shell, sering digunakan dalam lingkungan sumber daya terbatas. NetBSD (dan turunannya) didasarkan pada abu yang telah disempurnakan untuk menjadi POSIX konforman untuk acara ini.
• Bourne-Again shell (bash) - tertulis sebagai bagian dari proyek GNU untuk memberikan superset dari fungsionalitas Bourne Shell.
• Debian shell Almquist (dash) - Dash adalah pengganti modern untuk abu di Debian .
• Korn shell (ksh) - Ditulis oleh David Korn , sedangkan pada Bell Labs .
• Z shell (zsh) - dianggap sebagai fitur) paling lengkap (baca: satu dengan sebagian besar. shell: itu adalah hal terdekat yang ada ke superset dari sh, abu, bash, csh, ksh, dan
• Busybox - Tiny utilitas untuk dan tertanam sistem kecil, termasuk shell.
b. C shell yang kompatibel
• C shell (csh) Written by Bill Joy , while at the University of California, Berkeley . C shell (csh) Ditulis oleh Bill Joy , sementara di Universitas California, Berkeley . First distributed with BSD in 1978. [ 2 ] Pertama didistribusikan dengan BSD pada tahun 1978. [2]
• TENEX C shell (tcsh) TENEX C shell (tcsh)
• Hamilton C shell written by Nicole Hamilton, first distributed on OS/2 in 1988 and on Windows since 1992. [ 3 ] Hamilton shell C ditulis oleh Nicole Hamilton, pertama didistribusikan pada OS / 2 pada tahun 1988 dan pada Windows sejak tahun 1992. [3]
2.5. Memulai UNIX
a. login:
 Ketikan nama login anda dan tekan return .
 Jika anda membuat kesalahan selama proses login, terdapat tiga pilihan untuk pembetulan:
1. Tekan dua kali masukan kembali nama login.
2. Tekan pound sign (#) untuk mengoreksi kesalahan satu karakter pada saat itu.
3. Tekan (@) menghilangkan seluruh karakter dari baris masukan pada saat itu. Contoh :
login : User01
Password :
Masukan password anda dan tekan
 Jika anda membuat kesalahan, sistem akan menampilkan :
Login incorrect
login:
b. Keluar dari UNIX
 Ketikkan (^d) atau Exit pada prompt shell
 Perintah akan melog user name anda keluar sistem dan kemudian ditampilkan "login:" prompt untuk pemakai baru.
c. Password
Password memiliki karakteristik berikut :
1. Paling sedikit panjangnya harus 6 karakter
2. Hanya 8 karakter pertama yang dipentingkan
3. Harus mengandung paling sedikit 2 alphabet dan 1 numerik atau karakter khusus (special)
4. Tidak dapat sama dengan login name pemakai, sistem akan mereverse / mengakibatkan pergeseran perputaran setiap login name
5. Setiap password baru harus berbeda dari password yang lama sedikitnya ti-ga karakter
6. Setiap karakter kecuali karakter koreksi kesalahan (# dan @) dapat digunakan
7. Password yang panjang, akan menyulitkan pemakai yang tidak berhak untuk menerkanya (guess)
d. Menambah Password
Metode yang benar untuk memasukan password baru :
1. Ketikan perintah 'passwd' pada prompt shell
2. Ketikan password baru pada prompt
New password:
3. Ketikan kembali password baru setelah prompt
Retype new password:
Jika kedua password baru tidak sama, anda akan menerima pesan kesalahan dan perlu mencoba kembali.
e. Mengubah Password
Metode yang benar untuk mengubah password yang ada :
1. Ketikan 'passwd' pada prompt shell
2. Ketikan password yang akan diubah pada prompt
Old prompt:
3. Ketikan password baru pada prompt
New password:
4. Ketikan password baru kemali pada prompt
Retype new password:

Perhatian: ingat password anda! jika lupa anda tidak dapat akses sistem. Jika anda lupa, sistem admintrator diperlukan untuk mengubah password anda sehingga anda dapat login kembali
f. Mengakses Online Manual
 Perintah man diperlukan untuk mengakses online sistem help yang optional dapat digunakan pada UNIX. Perintah man berada dan mencetak masukan-masukan dari User Reference Manual, Programmer Reference Manual, dan/atau Superuser Reference Manual.
Perintah: man [section] title
Fungsi:Meletakan dan menampilkan halaman-halaman dari User Reference Manual, Programmer Reference Manual, dan / atau Superuser Reference Manual.
 Dapat ditambahkan perintah piping dan pg agar tampilan terbaca per screen dari terminal.
contoh:
$ man ls | pg

g. Baris Perintah
 Operasi UNIX didukung dengan mengetikkan perintah yang menjalankan berbagai jenis fungsi. Singkatnya dianggap suatu perintah UNIX mengandung kata tunggal yang diikuti oleh atau daftar option dan / atau argument yang memberikan informasi lebih tentang perintah apa yang harus dikerjakan.

 Bentuk sederhana perintah adalah satu kata.
Contoh :
$ date Tampilkan tanggal dan waktu pada saat itu
 Perintah untuk memonitor aktivitas adalah :
$ who
$finger
$w

 Perintah ls mengizinkan anda untuk menampilkan nama seluruh file yang berada pada direktori tertentu.

Perintah: ls [option]
Fungsi: Menampilkan list yang telah disort yang mengandung informasi (akses perizinan, tanggal modifiasi terakhir, dll) tentang direktori dan file. Jika digunakan tanpa option, ls mencetak pada layar daftar nama file atau direktori pada satu kolom.

Bentuk panjang dari perintah ls menampilkan informasi berbagai macam file dan direktori beserta statusnya :
$ ls -l
total 3
-rwxr-xr-x 1 mao usr 58 Oct 18 15:23 a.fil
-drwxr-xr-x 2 mao usr 128 Nov 16 16:19 Data
-rwxr-xr-x 1 mao usr 675 Nov 13 13:39 prg.c
Item per item layar akan menampilkan informasi:
total 3  jumlah file&direktori Jumlah total 1024 blok byte yang digunakan oleh file.
-rwxr-xr-x  mode akses Tipe file dan mode proteksi
1  link Jumlah link file atau direktori
mao  nama user (login name) Nama pemilik (owner)
usr  nama group Nama group pemilik (owner's group)
58  besar file Ukuran byte
Oct 18 15:23  tgl & waktu pembuatan/modifikasi Waktu terakhir modifikasi
a.fil  nama file
Nama file atau direktori
 Output yang melebihi dari satu layar dapat dikontrol dengan [ENTER] atau [SpaceBar]
Beberapa perintah yang berhubungan :
$more[nama_berkas]
$pg[nama_berkas]
 Lebih sering, perintah diikuti oleh suatu huruf atau huruf-huruf yang digunakan untuk menandakan bentuk option dari perintah, dan atau argumen yang menspesifikasikan nama file yang dijalankan oleh perintah.
Contoh:
$ ls -l a.fil Tampilkan list panjang dari file a.fil
ls = perintah
-l = option
a.fil = nama file
 Semi colon (;) dapat digunakan sebagai separator perintah untuk memisahkan dua atau lebih perintah-perintah pada baris yang sama. Sebagai contoh :
$ date; who

2.6. Session Pada UNIX
a. SAMBA
Samba adalah himpunan aplikasi yang bertujuan agar komputer dengan sistem operasi Linux, BSD ( atau UNIX lainnya) dapat bertindak sebagai file dan print server yang berbasis protokol SMB (session message block). Jaringan yang semacam ini biasa dijumpai pada Windows workgroup atau Windows NT Domain. Samba juga dilengkapi dengan beberapa program bantu sehingga sistem operasi Linux (dan UNIX lainnya) bisa mengakses resources yang ada pada jaringan Windows yang telah ada. Bisa dikatakan, Samba adalah jembatan penghubung antara Windows dan UNIX.
Samba terdiri atas dua program yang berjalan di background: SMBD dan NMBD. Secara singkat dapat disebutkan bahwa SMBD adalah file server yang akan menghasilkan proses baru untuk setiap client yang aktif sementara NMBD bertugas mengkonversi nama komputer (NetBIOS) menjadi alamat IP sekaligus juga memantau share yang ada di jaringan. Kerja SMBD sendiri diatur melalui file konfigurasi /etc/samba/smb.conf. Dengan membuat file konfigurasi yang tepat, Samba dapat dijadikan file server, print server, domain controller, dan banyak fungsi lainnya.
b. SQUID (Proxy Squid)
Squid adalah software public domain berbasis UNIX, berfungsi mengcache data yang diminta oleh pengguna (biasanya berupa web pages dan ftp). Platform UNIX yang didukung Squid adalah FreeBSD, BSDI, Digital Unix, Irix, Linux, Solaris dan SunOs. Namun data-data yang bersifat dinamik, seperti CGI-BIN, tidak dicache oleh Squid, jadi setiap kali ada permintaan CGI-BIN, Squid akan menghubungi langsung server tujuan. Saat ini protokol yang bisa dilayani oleh Squid adalah "http", "ftp", "gopher" dan "wais".
Proxy server berguna sebagai mediator antara pengguna dan dunia luar (Web). Semua request HTTP dari pengguna akan diarahkan ke Proxy Server (dengan mengkonfigurasi semua browser pengguna) dan data berupa tujuan (misal http://www.itb.ac.id) yang diminta pengguna akan diteruskan oleh Proxy server ke tujuan yang diminta. Data yang telah didapat oleh Proxy server tidak dibuang begitu saja; selain akan dikembalikan ke arah pengguna yang meminta, data ini juga akan disimpan (dicache). Jadi apabila data yang sama diminta oleh pengguna lain, proxy tidak usah meminta data tersebut ke server yang diminta, tetapi cukup mengirimkan data yang telah ada di cache ke pengguna tersebut.
Pada beberapa jenis Proxy server tertentu kita mempunyai aturan-aturan yang bisa membatasi akses pengguna ke web. Contoh, pengguna dari suatu workgroup bisa mengakses web pada selang waktu tertentu. Hal di atas bisa berjalan apabila semua request HTTP dari pengguna harus melewati proxy server terlebih dahulu, sehingga kita dapat menjamin semua request dari pengguna selalu melewati Proxy server terlebih dahulu.
2.7. Menjelaskan Perintah

a. Manajeman Direktori Pada UNIX
1. Melihat Isi Direktori
Syntax : ls nama_direktori
ex : $ ls program/c
hasil dari perintah ini adalah : makebox.c
scrmode.c
tprint.c
2. Mengetahui Direktori Kerja
Syntax : pwd (print working direktori)
ex : pwd
hasil dari perintah diatas : /home/kadir
3. Mengubah Direktori kerja
Syntax : cd nama_path_dari_direktori
ex : $ cd
$ pwd
$ /home/kadir
$ cd latihan
$ pwd
$ /home/kadir/latihan
4. Menciptakan Direktori
Syntax : mkdir nama_direktori_baru
ex : $ mkdir latihan
hasil dari perintah diatas adalah munculnya direktori latihan yang baru
5. Mengubah Nama Direktori
Syntax : mv nama_direktori_lama nama_direktori_baru
ex : mv ../cobol ../cobol1
hasil dari perintah diatas akan mengubah direktori cobol menjadi direktori cobol1
6. Menghapus Direktori
Syntax : rmdir nama_direktori
ex : $ rmdir latihan
apabila direktori yang akan dihapus berisi file-file, maka file-file tersebut perlu dihapus lebih dahulu sebelum menghapus direktori.
7. Memindahkan File Ke Suatu Direktori
Syntax : mv berkas dir

b. Manajeman File Pada UNIX
1. Menampilkan Isi File
Syntax : cat nama_file (concatenate)
ex : $ cat makebox.c
hasil dari perintah diatas akan menampilkan isi dari file makebox.c
2. Menciptakan File
perintah cat dapat digunakan untuk menciptakan file. Isi file diperoleh melalui input dari keyboard.
ex : $ cat > puisi
kebahagian adalah suasana hati
bunga warna warni

Untuk melihat isi file tersebut dengan mengetikkan :
$ cat puisi
Akan muncul tampilan : kebahagian adalah suasana hati
bunga warna warni
3. Menyalin File
Syntax : cp file1 file2 (copy)
ex : $ cp puisi puisi2
$ cp puisi puisi3
hasil dari perintah diatas yaitu berupa file2 dan file3 yang merupakan salinan dari file puisi.
4. Menghapus File
Syntax : rm nama_file (remove)
ex : $ rm puisi3
jika perintah diawali :–i maka akan muncul pesan remove puisi3 ?(y/n)
5. Mengganti Nama File
Syntax : mv file_awal file_akhir (move)
ex : $ mv file1.txt pepatah.txt
hasil dari operasi di atas dapat di cek dengan:
$ ls file.txt pepatah.txt
akan muncul pesan :
no such file or direktori
pepatah.txt
6. Mencetak File
Syntax : lp nama_file (line printer)
ex : lp puisi3
apabila sistem memiliki beberapa printer maka anda dapat mengarahkan kesuatu printer dengan mengetikkan nama printer.










BAB 3
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
UNIX adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar maka dari itu kami menjelaskan tentang UNIX bedasarkan info yang telah ada di berbagai dunia.
3.2. Saran
Kami mohan saran dan kritik bagi para pembaca dan sekali lagi kami memohon maaf bila ada kata-kata yang tidak berkenan di hati para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar